Image

Bahas Konflik Diplomatik, Menlu Qatar Kunjungi AS Pekan Depan

Emirald Julio, Jurnalis · Selasa, 20 Juni 2017 - 09:22 WIB
Foto Menlu Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman al-Thani (Foto: Suchtv.pk) Foto Menlu Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman al-Thani (Foto: Suchtv.pk)

DOHA – Demi membahas konflik diplomatik yang menimpa negaranya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman al-Thani akan mengunjungi Amerika Serikat (AS) pada pekan depan.

Sebagaimana dikutip dari Gulf Times, Selasa (20/6/2017) Al-Thani mengatakan bahwa Qatar siap membuka dialog  untuk membahas pemutusan diplomatik yang dilakukan Arab Saudi dan sekutunya. Menlu Qatar itu menyebut keputusan pemutusan diplomatik tersebut sebagai ‘tindakan penyerangan’.

“Kita harus membuatnya sangat jelas untuk semua orang, negosiasi harus dilakukan dengan cara yang beradab dan harus memiliki dasar yang kuat serta tidak di bawah tekanan atau blokade. Sampai sekarang kami tidak melihat adanya kemajuan terkait pengangkatan blokade yang merupakan prasyarat demi bergerak maju,” ujar Al-Thani.

“Prancis, Inggris atau AS, mereka adalah sekutu kuat Qatar dan kami memiliki banyak kerjasama dalam bidang militer, pertahanan, keamanan, ekonomi,” tutur Menlu Qatar itu. Ia menegaskan, konflik diplomatik yang menimpa Qatar juga akan memiliki dampak dengan negara lainnya.

Karena itulah, ia akan mengunjungi AS pada pekan depan demi mendiskusikan dampak buruk dari konflik diplomatik tersebut terhadap ekonomi serta usaha memerangi terorisme negara-negara Teluk Arab. Al-Thani menambahkan, Qatar percaya solusi terbaik saat ini adalah dialog dengan Kuwait sebagai mediatornya.

Pemutusan hubungan itu dilakukan oleh Arab Saudi dan sekutunya karena menuding Qatar mendukung terorisme dan memiliki hubungan yang hangat dengan Iran. Qatar membantah semua tudingan tersebut dan menyebutnya sebagai aksi publisitas semata.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming