Image

Mesin Kapal Dicuri, Ratusan Imigran Terancam Tenggelam di Laut Mediterania

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Rabu, 21 Juni 2017 - 02:08 WIB
Imigran terombang-ambing di Laut Tengah. (Foto: Reuters) Imigran terombang-ambing di Laut Tengah. (Foto: Reuters)

LAUT TENGAH - Lebih dari seratus imigran terombang-ambing di laut Mediterania setelah mesin perahu yang mereka tumpangi dicuri. Mesin perahu tersebut dilaporkan dicuri oleh kelompok penyelundup asal Libya.

Telegraph mewartakan, Rabu (21/6/2017), perahu tersebut diketahui membawa 126 orang penumpang dan tengah menuju Italia. Sebagaian besar dari para imigran itu dilaporkan berasal dari Sudan. Tanpa adanya mesin, perahu tersebut berlayar tanpa arah dan terancam tenggelam.

Beruntung, para imigran tersebut secara tidak sengaja ditemukan oleh nelayan lokal Libya yang kemudian menyelamatkan mereka. Mereka kemudian diserahkan ke penjaga pantai Libya sebelum kemudian di pindahkan ke Palermo di Sisilia, Italia.

"Membiarkan sebuah perahu tanpa adanya mesin sama saja dengan sebuah tindakan pembunuhan. Kami yakin mesin itu dicuri oleh kelompok penyelundup. Dalam enam bulan terakhir kami banyak menemukan kasus pencurian mesin terhadap kapal imigran. Mesin adalah sebuah barang yang menguntungkan bagi para penyelundup," ujar perwakilan International Organization for Migration atau Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), Flavio Di Giacomo.

Tercatat lebih dari 70 ribu imigran nekat menyeberangi Laut Mediterania untuk bisa mencapai Eropa. Sedikitnya 1.850 imigran tewas dalam upaya tersebut. Sebagian besar merupakan imigran yang berasal dari Nigeria.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming