Image

Ketum Perindo Dizalimi, Pengamat Nilai Pernyataan Jaksa Agung Bermotif Politis Terselubung

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa, 20 Juni 2017 - 08:09 WIB
Jaksa Agung H.M Prasetyo (Foto: Antara) Jaksa Agung H.M Prasetyo (Foto: Antara)

JAKARTA – Pengamat politik Point Indonesia Arif Nurul Iman mengatakan Jaksa Agung belakangan menunjukkan kinerja yang tak profesional dan buruk. Terbaru, Jaksa Agung M. Prasetyo menuding Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo telah menjadi tersangka dan ternyata informasi itu hoax.

Merespons tindakan Jaksa dari kader Partai Nasdem itu, Arif menyatakan, pernyataan M. Prasetyo jelas tidak mencerminkan sebagai penegak hukum. Ia menilai, pernyataan tersebut cenderung politis, sehingga patut diduga punya maksud politis terselubung.

Arif menilai penegak hukum yang bermain politik tentu menjadi preseden buruk bagi wajah penegakan hukum di Indonesia. Sebab menurut pandangannya, posisi Jaksa Agung harus independen dan bekerja secara profesional, bukan bekerja secara politis.

“Saya kira ini layak jadi bahan evaluasi presiden Jokowi, apalagi ketika kampanye menjanjikan Jaksa Agung bukan berasal dari kader partai sehinga bisa bekerja secara profesional,” terang Arif, Senin 19 Juni 2017.

Arief pun meminta, jika presiden ingin penegakan hukum bisa berjalan adil, maka presiden perlu bertindak cepat dengan melakukan reshuffle terhadapJaksa Agung. Jika hal ini dibiarkan maka bisa akan berimbas pada kepercayaan publik terhadap pemerintah yang dianggap sebagai rezim yang tak mampu menegakan keadilan.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming