Image

Mudik Lebaran, Tiket Bus AKAP di Pekanbaru Ludes Terjual

ant, Jurnalis · Selasa, 20 Juni 2017 - 13:34 WIB
Ilustrasi. (Foto: Okezone) Ilustrasi. (Foto: Okezone)

PEKANBARU - Ribuan tiket bus angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki, Pekanbaru telah habis terjual mulai H-4 Lebaran Idul Fitri 1438 H.

"Mulai dari H-4 hingga H-2 Lebaran, tiket bus sudah habis terjual untuk tujuan Medan," ucap staf tiket Perusahaan Oto (PO) Bus Putera Pelangi Marzuki (33) di Pekanbaru, Selasa (20/6/2017).

Pantauan di terminal setempat, rata-rata tiket bus terutama AKAP telah dibeli oleh calon pemudik yang berasal dari ibu kota Provinsi Riau dan sekitar. Tujuan jalur lintas Timur Sumatera seperti Jambi, dan Palembang hingga Jawa, serta Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara menjadi pilihan yang paling cepat laris.

"Kalau ke Jawa dan Medan, mayoritas sudah mulai habis terjual," kata penjual tiket PO Bus Antar-lintas Sumatera, Jamil.

Ia mengatakan, calon pemudik mulai memesan tiket bus AKAP ini sejak tiga pekan lalu, dan mengambil tiket sepekan sebelum Lebaran. Umumnya calon pemudik membeli tiket untuk satu keluarga atau dua sampai empat kursi bus AKDP.

"Sedangkan hari lain, sampai hari ini yang sudah terisi sekitar 50 persen dari jumlah total kursi dalam satu bus," ungkapnya.

Ketua Organda Riau Muhammad Nasir mengaku, jumlah bus yang disiapkan tahun ini mengalami penurunan yakni 2.077 armada dalam menyambut pemudik Lebaran.

"Menurun jumlah bus untuk tahun ini. Karena persaingan antar moda transportasi, dan tumbuhnya kendaraan pribadi," ucapnya.

Ia merinci, bus angkutan Lebaran kali ini memiliki 148 perusahaan otobus unit dengan jumlah 2.077 armada, dan tempat duduk yang disediakan 35.483 kursi.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming