Image

Begini Cara Kemenhub Antisipasi Lonjakan Pemudik di Pelabuhan Merak

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Selasa, 20 Juni 2017 - 22:07 WIB
Pemudik Pelabuhan Merak (Foto: Feri Usmawan) Pemudik Pelabuhan Merak (Foto: Feri Usmawan)

MERAK - Lima hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 2017, kondisi di Pelabuhan Merak masih belum dipenuhi para pemudik yang menyebrang ke Pelabuhan Bakauheni. Lonjakan penumpang sendiri diprediksi akan terjadi pada H-3.

Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan, Pudji Hartanto mengungkapkan, demi mengantisipasi lonjakan yang terkadang tak bisa diprediksikan itu, pihaknya akan memantau pintu Tol Tangerang-Merak. Tujuannya untuk mengetahui volume kendaraan yang masuk ke kawasan tersebut.

"Tanda adanya pelonjakan itu bisa kita monitor dari tol. Dari mulai tol masuk di Tangerang kemudian sampai keluar kita bisa monitor disitu," kata Pudji saat meninjau Pelabuhan Merak, Selasa (20/06/2017).

Pudji menjelaskan, pemantauan tersebut dilakukan untuk mempersiapkan kapal operasional yang ada di Pelabuhan Merak. Jika memang sangat tinggi volume kendaraan maka kapal akan ditambah lagi.

"Tadi saya katakan kalau masih normal kita tidak keluarkan kapal operasional seperti biasa begitu," ujarnya.

Dengan adanya persiapan itu, diharapkan tidak ada penumpukan dari pemudik. Sehingga, hal tersebut sangat menjadi perhatian dan catatan khusus.

Tak hanya di Merak, Pudji juga telah menginstruksikan untuk Pelabuhan Bakauheni bersiap menghadapi peningkatan masyarakat yang melaksanakan mudik.

"Mulai kita antisipasi penambahan kapal junlahnya kemudian kordinasi Bakauheni jumlah bus," tutup Pudji.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming