Image

Sultan Hamengku Buwono X Larang Mobil Dinas Digunakan Mudik

Prabowo, Jurnalis · Selasa, 20 Juni 2017 - 13:08 WIB
Sultan Hamengku Buwono X (Foto: Okezone) Sultan Hamengku Buwono X (Foto: Okezone)

YOGYAKARTA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, melarang pejabat dan pegawai di Pemda DIY membawa pulang mobil dinas berpelat merah untuk dipergunakan mudik Lebaran 2017.

"Saya tidak mengizinkan mobil dinas dibawa mudik, tidak boleh dibawa pulang," katanya Sultan HB X di Kepatihan Yogyakarta, Selasa (20/6/2017).

Raja Kraton Yogyakarta itu beralasan mobil dinas tersebut merupakan milik negara, sehingga tidak boleh dipergunakan untuk kepentingan pribadi. Sultan secara tegas sudah memberi tahu jajaran di bawahnya terkait larangan membawa pulang mobil dinas.

"Enggak boleh, itu kan mobil milik negara, tidak boleh dipergunakan kepentingan pribadi," kata Ngarsodalem –sapaan akrab Sultan HB X.

Sultan hanya melarang pegawai di lingkungan Pemda DIY. Sementara untuk kabupaten kota, bukan merupakan kewenangannya untuk melakukan larangan.

"Kalau kabupaten/kota itu kewenangan bupati wali kota, ada di tingkat dua (kabupaten/kota) masing-masing," katanya.

Sultan akan memberi sanksi jika ditemukan pegawai Pemda DIY mudik menggunakan mobil dinas. Sanksi itu pasti diberikan sebagai wujud ketidakpatuhan pegawai negeri sipil di lingkungan Pemda DIY.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming