Image

Peringatan Dinkes Jabar untuk Para Pengemudi di Jalur Mudik

Oris Riswan, Jurnalis · Rabu, 21 Juni 2017 - 01:31 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

BANDUNG - Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Dodo Suhendar mengingatkan para sopir dan pengendara kendaraan pribadi untuk berhati-hati saat mudik.

Apalagi jika mereka membawa penumpang, baik itu keluarganya atau bukan. Nyawa dan keselamatan penumpang berada di pundak para sopir.

"Ingat bahwa (para sopir) membawa penumpang yang risikonya ditanggung akibat sopir," kata Dodo, Selasa (21/6/2017).

Dia pun mengajak para sopir kendaraan umum dan pribadi untuk benar-benar menerapkan kehati-hatian. Saat akan berangkat mudik, kelaikan kendaraan jelas jadi hal utama yang harus disiapkan.

Selain itu, sisi kesehatan sopir juga harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai sopir mengemudikan kendaraan jika dalam kondisi sakit. "Hindari berkendara saat keadaan tidak sehat," ucapnya.

Jika sang sopir lelah atau mengantuk, sebaiknya segera berhenti. Sopir bahkan bisa memanfaatkan berbagai fasilitas kesehatan dan posko yang tersebar di jalur mudik. Mereka bisa tidur, dipijat, hingga mendapat pelayanan lainnya.

Dodo juga mengingatkan agar para sopir tidak merokok dalam perjalanan. Apalagi jika mereka membawa orang yang tidak merokok. Penggunaan narkoba juga jelas harus dihindari.

"Terakhir, jangan berkendara sambil menggunakan telepon genggam. Hal ini diharapkan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan," jelas Dodo.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming