nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lampu Depan 390 Duke Bermasalah, Ini Penjelasan KTM Indonesia

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Rabu 21 Juni 2017 17:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 21 15 1721912 lampu-depan-390-duke-bermasalah-ini-penjelasan-ktm-indonesia-O3QVzHp4o0.jpg KTM 390 Duke (Okezone)

JAKARTA - KTM Eropa telah mengeluarkan instruksi penarikan atau recall untuk 390 Duke model 2017. KTM menemukan adanya masalah pada lampu depan yang mengalami reboot atau mati sendiri secara tiba-tiba. Masalah tersebut ditemukan ketika perusahaan melakukan uji ketahanan.

KTM 390 Duke dipasarkan ke beberapa negara termasuk Indonesia. Motor berkarakter sporty itu baru saja meluncur belum lama ini bersamaan dengan ajang Jakarta Fair Kemayoran, di Jakarta Pusat. Kedatangannya dibawa langsung oleh PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) agen pemegang merek sepeda motor KTM di bawah 400 cc.

Terkait rencana recall yang akan dilakukan oleh KTM Eropa, Presiden Direktur PJLM Kristianto Gunadi mengaku sudah mengetahuinya, dan 390 Duke untuk pasar Indonesia masih aman.

"Itu yang produksi batch (kelompok) awal yang terkena masalah tersebut, tapi mereka sudah antisipasi untuk masalh itu. Yang akan dikirim ke Indonesia sudah batch kesekian, boleh di bilang bukan yang pertama. Mungkin kita negara ke tujuh atau tujuh yang meluncurkan 390 Duke. Tapi yang jelas mereka sudah ada antisipasi dan perbaikan," ujar Kristianto kepada Okezone, Rabu (21/6/2017).

Untuk pasar Indonesia sendiri KTM 390 Duke, lanjut Kristianto, akan masuk sekira Agustus. Sehingga dapat dipastikan model sudah menjalani pemeriksaan sekaligus perbaikan bila ada maslaah.

"Kami memastikan yang masuk Indonesia tidak ada masalah, batch kita baru masuk Agustus atau September tahun ini, jadi sudah ada antisipasi dari pabrikan di India," terang Kristianto.

Dirinya juga memastikan tidak ada keterlambatan pengiriman motor dari India ke Indonesia. Semuanya akan berjalan sesuai dengan waktu yang sudah ditargetkan.

"Enggak-lah mestinya. Di India 390 Duke cukup populer ya. Apalagi cuma update sofware pada lampu depan jadi enggak makan waktu lama. Yang jelas pabrikan sudah tahu dan mereka sudah peduli akan masalah itu," pungkas Kristianto.

Sebelumnya dalam pernyataan resmi KTM Eropa mengatakan, selama uji ketahanan yang dilakukan secara internal perusahaan, KTM menemukan beberapa kasus reboot dari lampu LED. Karena masalah ini dapat menyebabkan kondisi berkendara yang berpotensi sangat membahayakan, maka perusahaan akan mengganti perangkat lunak lampu depan sesegera mungkin.

KTM 390 Duke untuk pasar Indonesia sendiri dibawa dalam bentuk utuh dari India. Kemungkinan model tersebut belum beredar di Indonesia mengingat konsumen harus menunggu tiga bulan sejak motor di pesan.

Dibanderol dengan harga Rp99,9 juta on the road Jakarta, KTM Duke 390 memiliki lampu utama dihiasi oleh LED di bagian samping. Ada 20 LED di dalamnya sehingga menghasilkan iluminasi dan visibility lebih baik serta konsumsi listrik yang rendah. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini