nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemeriahan Ramadan Bikin Mahasiswa Indonesia di AS Kangen Rumah

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 22 Juni 2017 09:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 21 18 1721983 kemeriahan-ramadan-bikin-mahasiswa-indonesia-di-as-kangen-rumah-RVWtjeavej.jpg Suasana Ramadan di Tanah Air selalu menuai rindu (Foto: Heru/Okezone)

JAKARTA – Suasana Tanah Air ketika bulan suci Ramadan memang tidak akan ada bandingnya serta selalu memunculkan kerinduan. Setidaknya demikian pengakuan diaspora Indonesia yang menetap di negara-negara di mana Muslim menjadi minoritas.

Seorang mahasiswa Indonesia di Boston, Amerika Serikat (AS), Muhammad Q Rusydan mengaku, hal yang paling membuat kangen adalah suasana meriah ketika memasuki bulan suci Ramadan. Selain berkumpul bersama keluarga, makanan khas puasa juga menjadi hal yang dirindukan.

“Yang paling bikin kangen sebenarnya suasana Ramadan di Indonesia itu terasa banget, meriah. Kalau di sini kan kadang merasa puasa sendirian aja. Selain itu yang paling dikangenin selain keluarga dan buka puasa bareng teman-teman yang makanan khas puasa, mulai dari kolak pisang sampai gorengan,” ujar lulusan Hubungan Internasional UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu kepada Okezone.

Beberapa cara dilakukan Muhammad untuk mengatasi rasa rindu tersebut. Kerinduan akan buka puasa bersama misalnya. Untuk menuntaskan kangen, ia biasanya mengajak teman-teman yang non-Muslim untuk makan malem bareng.

“Ya biasanya mengajak teman-teman yang non-Muslim untuk makan malam bareng. Atau bahkan kalau lagi pengen usaha lebih bikin masakan Indonesia sendiri di rumah,” tukas sulung dari tiga bersaudara itu.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini