nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh Sepi, Lonjakan Diprediksi Justru pada H+3 Lebaran

Rayful Mudassir, Jurnalis · Kamis 22 Juni 2017 01:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 21 340 1721698 pelabuhan-ulee-lheue-banda-aceh-sepi-lonjakan-diprediksi-justru-pada-h-3-lebaran-byw0FLUp5N.jpg Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh (foto: Salman Mardira/Okezone)

BANDA ACEH - Lonjakan penumpang di Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh menuju Sabang, diprediksi tidak terjadi hingga jelang lebaran. Membludaknya penumpang diperkirakan malah berlangsung pada tiga hari pasca-Idul Fitri.

Kepala UPTD Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh, Rusmansyah mengatakan dari tahun sebelumnya, lonjakan penumpang begitu minim menjelang lebaran. Pemudik menuju Pulau Weh, Sabang cukup normal namun tidak sampai terjadi penumpukan penumpang.

Meski begitu pada H+3 lebaran diperkirakan menjadi puncak lonjakan penumpang menuju Sabang. Pasalnya saat itu banyak pelancong baik dalam maupun luar Aceh hendak berlibur ke pulau ujung barat Indonesia itu.

"Sampai hari ini masih cukup normal. Pelayaran juga masih dilakukan dua kali trip dari Banda Aceh ke Sabang atau sebaliknya. Tapi kita juga antisipasi kalau terjadi lonjakan penumpang," kata Rusmansyah kepada Okezone, Rabu (21/6/2017).

Ia mengaku saat ini kapal Feri yang melayani pelayaran Banda Aceh - Sabang maupun sebaliknya hanya Kapal Motor Penumpang (KMP) Tanjung Burang dibantu sejumlah kapal cepat. Sementara KMP BRR yang sedang naik docking di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara akan tiba di Aceh Jumat nanti.

Rusmansyah mengakui pihaknya akan menambah jumlah trip per hari bila volume pemudik menuju Sabang atau sebaliknya bertambah. Bisa jadi kata dia, dari normal hanya dua kali pelayaran, ditambah menjadi tiga kali sampai malam hari.

Sementara Kepala Bidang Darat Dinas Perhubungan Aceh, Nizarli mengungkapkan, para pemudik yang hendak menuju Sabang, dapat memarkirkan kendaraan di hanggar pelabuhan. Gedung itu kata dia dapat menampung puluhan kendaraan roda empat.

"Kalau mau cepat sampai, naik saja kapal cepat, kendaraan bisa diperkirakan di hanggar. Insya Allah aman dan tidak terkena hujan atau panas matahari," ungkapnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini