nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Aman dan Nyaman Mudik dengan Kendaraan Umum

Rabu 21 Juni 2017 12:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 21 542 1721568 tips-aman-dan-nyaman-mudik-dengan-kendaraan-umum-vjeUQgsJBz.jpg ilustrasi

PULANG ke kampung halaman sudah menjadi tradisi turun temurun bagi masyarakat Indonesia. Sebagian masyarakat menggunakan kendaraan pribadi untuk melaju ratusan hingga ribuan kilometer guna bertemu sanak keluarga.

Sebagian lainnya lebih memilih untuk menggunakan kendaraan umum, baik pesawat terbang, kereta api maupun bus. Ada berbagai alasan, kenapa kendaraan pribadi lebih dipilih dibandingkan menggunakan transportasi umum.

Namun, bagi anda yang belum memiliki kendaraan pribadi, jangan berkecil hati, karena mudik dengan angkutan umum tetap bisa nyaman, menyenangkan, dan tentunya sampai dengan selamat ke tempat tujuan. Berikut ini sejumlah tips agar perjalanan mudik dengan transportasi umum berjalan aman dan nyaman.

1.       Beli tiket pada tempat atau agen resmi

Tentunya, anda tidak ingin perjalanan mudik yang sudah dipersiapan berhari-hari sebelumnya, batal karena tiket palsu atau bermasalah.

Jangan tergiur membeli tiket dari calo pada moda transportasi apapun. Sudah banyak korban dari aksi kejahatan ini. Buktinya coba ketik kata kunci “penipuan tiket” pada search engine anda. Banyak kisahnya kan?

2.       Bawa barang bawaan secukupnya

Seperti kita ketahui kapasitas bagasi pada seluruh angkutan umum sangat terbatas. Bahkan pesawat terbang akan mengenakan biaya tambahan bila membawa bagasi melebihi aturan. Untuk itu, sangat disarankan untuk membawa barang yang tidak berlebihan dalam menikmati libur di kampung halaman.

Barang yang tidak dipergunakan selama perjalanan bisa dimasukan dalam koper atau tas untuk disimpan di bagasi. Ingat kunci dan beri gembok tambahan pada koper dan tas anda untuk menghindari aksi kejahatan. Sementara barang yang anda gunakan selama perjalanan, bisa dimasukan tas kecil yang dibawa selama perjalanan.. Sangat disarankan untuk tidak membawa barang berharga berlebihan, agar tidak mengundang aksi kejahatan.

3.       Berpakaian yang nyaman serta sopan

Perjalanan mudik tentunya cukup panjang dan sering tidak bisa diprediksi secara tepat. Untuk itu, pakaian sangat penting agar anda nyaman selama perjalanan. Jangan memakai pakaian terlalu tebal ataupun terlalu tipis karena akan sangat menggangu. Selain itu, jangan memakai pakaian yang terbuka alias sexy, agar tidak menggundang aksi pelecehan yang beberapa kali terjadi.

Siapkan baju ganti untuk mengantipasi bila dibutuhkan. Bagi kaum hawa juga disarankan untuk tidak memakai perhiasan selama perjalanan mudik. Karena kejahatan terjadi bukan hanya niat pelaku tetapi juga kesempatan yang diberikan oleh korban.

4.       Jangan terima pemberian orang yang tak dikenal

Menawarkan makanan atau minuman memang salah satu contoh budaya  Indonesia yang ramah. Bahkan orang yang tak dikenal kerap melakukan hal ini. Namun, anda harus hati-hati bila tawaran itu datang. Bukan berarti berburuk sangka, namun aksi pembiusan dengan modus tawaran makanan kerap terjadi.

Untuk itu, anda bisa menolak dengan halus dengan alasan telah membawa makanan dan minuman sendiri. Untuk itu, jangan lupa siapkan minuman dan camilan untuk anda selama perjalanan. Selain itu, waspada juga terhadap upaya hipnotis yang beberapa kali terjadi.

5.       Bawa alat hiburan

Perjalanan mudik yang panjang tentu bisa sangat membosankan. Untuk itu jangan lupa membawa hiburan untuk membunuh waktu selama perjalanan, seperti buku, music player, tablet, atau smartphone. Ingat untuk mengisi penuh semua baterai gawai elektronik anda agar bisa menjadi teman selama perjalanan.

6.       Bawa obat-obatan

Obat-obatan perlu anda bawa dan masukan dalam tas kecil yang anda tenteng selama perjalanan. Obat-obatan yang perlu dibawa adalah yang berkaitan dengan masalah selama perjalanan, seperti masuk angin, pegal-pegal, dan sakit kepala.

Nah berkaitan dengan hal itu, jangan lupa bawa HANSAPLAST KOYO yang terbukti secara klinis dapat mengurangi masuk angin, pegal-pegal, maupun sakit kepala. HANSAPLAST KOYO adalah Koyo modern bagi Anda yang aktif. Dikemas dengan teknologi Heat Lock yang menjaga agar sensasi hangat dan aromanya tetap prima setelah kemasan dibuka, sewarna dengan kulit, dan tidak meninggalkan bekas sehingga dapat melekat dengan nyaman.

Hangat dari HANSAPLAST KOYO yang 2 kali tahan lebih lama akan meredakan masuk angin, ketegangan di leher dan pundak serta punggung yang pegal, serta sakit kepala.

HANSAPLAST KOYO bikin mudik gak loyo!

(dnb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini