nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengemudi Bus di Prancis Nekat Pakai Rok, Kenapa Ya?

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 22 Juni 2017 20:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 22 18 1722682 pengemudi-bus-di-prancis-nekat-pakai-rok-kenapa-ya-c5C5cVftUl.jpg Sejumlah sopir bus di Nantes, Prancis, mengenakan rok saat bekerja (Foto: Telegraph)

NANTES – Sejumlah sopir bus di Nantes, Prancis, memiliki cara unik untuk melakukan protes. Mereka mengenakan rok untuk bekerja pada Rabu 21 Juni 2017 pagi waktu setempat. Hal itu dilakukan sebagai bentuk protes terhadap larangan mengenakan celana pendek meski cuaca sedang panas-panasnya.

Temperatur udara di Prancis tengah mencapai rekor tertinggi di puncak musim panas kali ini. Otoritas setempat sudah menyarankan warga agar melakukan tindakan apa pun demi menangkal suhu panas. Tentu saja, bagi sejumlah sopir bus tersebut, mengenakan celana panjang bukan salah satu solusi.

Para sopir bus mengaku kondisi bus yang tidak dilengkapi pendingin udara sangat tidak bisa diterima. Sedikitnya enam sopir bus nekat mengenakan rok saat bekerja dengan alasan seragam kerja mereka tidak cocok dengan temperatur tinggi.

“Seragam kami tidak cocok untuk temperatur tinggi seperti ini. Kami sangat iri kepada perempuan di momen seperti ini,” ujar sopir bus dari serikat CFDT, Didier Sauvetre, mengutip dari Telegraph, Kamis (22/6/2017).

“Manajer kami mengatakan celana pendek tidak cocok bagi profesi ini. Kami memilih sedikit provokasi dengan datang mengenakan rok, yang mana diperbolehkan bagi pengemudi perempuan,” tukas Didier Sauvetre.

Sopir lain bernama Gabriel Magner menerangkan, temperatur udara belakangan ini mencapai 50 derajat Celsius di balik kaca depan bus. Panasnya udara tentu saja tidak bisa ditahan lagi oleh para sopir jika harus mengenakan celana panjang.

Meski kode etik ketenagakerjaan Prancis tidak secara spesifik menyebut pelarangan menggunakan celana pendek, sejumlah perusahaan bisa saja menyusun aturan berpakaian karyawannya sendiri. Perusahaan otobus di Nantes, Semitan, menyatakan celana pendek tidak cocok dikenakan oleh sopir.

Namun, para sopir itu berpendapat bahwa tidak akan ada orang yang melihat mereka saat berada di balik kabin kemudi. Setelah mencoba selama satu hari penuh, Gabriel Magner yakin bahwa di cuaca panas seperti saat ini, mengenakan rok adalah pilihan paling bijak.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini