nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Lebaran, Kapolda Kalbar Sidak di Perbatasan Entikong

Ade Putra, Jurnalis · Jum'at 23 Juni 2017 03:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 22 340 1722787 jelang-lebaran-kapolda-kalbar-sidak-di-perbatasan-entikong-3OJS4mQjCT.jpg

ENTIKONG - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Irjen Pol Erwin Triwanto melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Entikong, Kabupaten Sanggau yang berbatasan dengan Tebedu, Sarawak, Malaysia, Kamis (22/6/2017).

Sidak ini untuk mengecek kesiapan dan menginstruksikan memperketat Pos Pelayanan Kepolisian dan Patroli di perbatasan RI-Malaysia. "Saya mau memastikan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan bagi para pemudik WNI maupun masyarakat dari Malaysia ke Indonesia. Termasuk memastikan keamanan dari barang-barang selundupan," kata Erwin kepada sejumlah wartawan.

Dia memprediksi lonjakan arus mudik Idul Fitri 1438 H dari Malaysia melalui PLBN Entikong, terus naik sejak 20 Juni 2017 hingga H-1 lebaran. "Pemudik mulai H-5 atau 20 Juni kemarin dari Malaysia mulai melonjak di pintu masuk Kalbar di Entikong. Diperkirakan ini akan berlangsung sampai H-1," jelasnya.

Erwin menginstruksikan agar jajarannya untuk bersinergis dengan instansi samping. Hal itu dilakukan guna untuk fokus mengawasi pemudik lewat pengecekan dan pengamanan koridor PLBN Entikong.

Pos Pelayanan Kepolisian telah digelar Polda Kalbar di sepanjang titik pelintasan yang akan dilalui pemudik dari PLBN Entikong sampai dengan 14 kabupaten/kota di Kalbar yang dijaga oleh anggota polisi. Selain itu juga, Erwin memprediksi jumlah kendaraan yang akan melintasi kawasan PLBN Entikong tidak akan berbeda jauh dengan situasi mudik 2016.

"Mungkin hampir sama jumlahnya dengan tahun lalu. Pemerintah sudah menyiapkan banyak alternatif pemberangkatan menggunakan angkutan umum seperti Bus, demikian juga dari Kalbar ke pulau Jawa dengan pasilitas kapal Laut, dan pesawat udara," ujar mantan Kapolda Kalsel ini.

Terkait keselamatan pemudik berkendara, kata Kapolda, Direktorat Lalu Lintas Polda Kalbar sudah menyiapkan pos-pos pelayanan kepolisian di jalur mudik di wilayah 14 kabupaten/Kota di Kalbar hingga Kota Pontianak. Tak hanya Polantas, di pos ini juga disediakan tenaga medis untuk masyarakat pengendara yang memerlukan pertolongan pertama.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini