nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selundupkan Orangutan, Otoritas Thailand Ciduk Pria Malaysia

Emirald Julio, Jurnalis · Jum'at 23 Juni 2017 15:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 23 18 1723258 selundupkan-orangutan-otoritas-thailand-ciduk-pria-malaysia-JcYDGu0uAv.JPG Foto dua bayi orangutan tersebut yang diselundupkan dalam koper (Foto: The Star)

HAT YAI – Otoritas margasatwa Thailand berhasil menangkap seorang pria Malaysia yang mencoba menyelundupkan dua bayi orangutan. Tidak hanya menyelundupkan primata yang dilindungi tersebut, pria itu juga membawa 51 ekor kura-kura dan enam ekor rakun menuju Negeri Gajah Putih.

Sebagaimana dikutip dari AFP, Jumat (23/6/2017), hewan-hewan yang diselundupkan tersebut dijejalkan dalam kotak-kotak plastik serta tas koper yang berada di mobil pria asal Negeri Jiran tersebut.

Pengungkapan itu berawal ketika mobil Ismail bin Ahmad (63) dihentikan pada Rabu 21 Juni 2017 saat berusaha melewati pos perbatasan di Provinsi Songkhla, Thailand. “Tersangka mengklaim ia dipekerjakan untuk mengangkut hewan-hewan tersebut dari Negara Bagian Perlis di Malaysia menuju Kota Hat Yai (dengan biaya) 1.000 bath (sekira Rp 392.611),” ujar otoritas margasatwa setempat, Prach Kongthong.

Ia menjelaskan, dua orangutan yang diselundupkan Ismail masih berusia kurang dari enam bulan. Kedua primata itu saat ini berada di penangkaran setempat. Puluhan kura-kura yang ikut disita dilaporkan berjenis Indian Star. Kura-kura yang tempurungnya bercorak bintang tersebut merupakan salah satu hewan yang masuk daftar terancam punah.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini