Dikritik Atasan, Begini Tips Atasinya

Siska Permata Sari, Okezone · Jum'at 23 Juni 2017 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 23 65 1723332 dikritik-atasan-begini-tips-atasinya-fWWjURlbyK.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Lulus dan menjadi karyawan baru di sebuah perusahaan memang tidak menjadikan kamu sebagai pekerja yang sempurna. Kadangkala ada saja kesalahan-kesalahan yang kamu perbuat.

Pada fase ini, tak jarang satu dua kritik melayang ke arahmu. Jangan panik dan jangan khawatir. Sebab, dikritik bukan berarti kinerjamu buruk. Bagaimana cara mengatasi kritik? Berikut uraiannya seperti dilansir dari Her Campus.

Jangan Ambil Hati

Jangan berpikir atasan tidak menyukaimu hanya karena kamu dikritik. Berpikir negatif pada kritik yang diberikan hanya akan membuat kamu enggan belajar. Selain itu, tersinggung dengan kritik juga menimbulkan rasa tidak enak dan rasa sungkan yang berlebihan pada atasan atau rekan kerja.

Melihat Peluang Tumbuh

Kritik yang membangun bisa menjadikan acuanmu untuk memperbaiki kinerja. Lewat kritik, kamu bisa membangun diri menjadi pribadi yang lebih baik. Mungkin kamu merasa tidak senang pada awalnya, tetapi ini bisa menjadi motivasi kamu untuk menunjukkan bahwa kamu bisa bekerja lebih baik lagi dari sebelumnya. Dan ini artinya, peningkatan.

Tanyakan Detilnya

Bila kamu tidak menerima dikritik, ada baiknya jangan langsung menyatakan ketidaksetujuan. Tetapi, tanyakan detilnya. Mengapa atasan atau rekan kerja melayangkan kritikan itu buatmu. Usai itu, kamu bisa mengambil waktu untuk evaluasi diri.

Jangan Terlalu Larut Memikirkannya

Kritik bukan hanya angin lalu, masuk kuping kanan keluar kuping kiri. Tetapi bukan berarti pula kamu harus memikirkannya sepanjang hari hingga sepanjang pekan. Hal ini justru menghambat kinerjamu dan membuat kamu stres di tempat kerja.

Move On!

Lepaskanlah. Jangan jadikan sebuah kritik itu beban. Tetapi sebaliknya, anggap itu sebuah masukan demi kinerja yang lebih baik lagi. Lepaskanlah, jangan jadikan kritik sebagai beban pikiran. Sebaiknya kamu mulai kembali bekerja dengan semangat dan performa yang baru.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini