nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Atasi Wabah Kolera Yaman, Arab Saudi Kucurkan Dana Rp888 Miliar

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 25 Juni 2017 05:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 24 18 1724280 atasi-wabah-kolera-yaman-arab-saudi-kucurkan-dana-rp888-miliar-8gGdV0rxQl.jpg Merebaknya wabah kolera di Yaman telah menewaskan 791 orang (Foto: Abduljabbar Zeyad/Reuters)

RIYADH – Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengapresiasi langkah Arab Saudi yang mendonasikan uang senilai 66,7 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp888 miliar) kepada Yaman. Dana tersebut disumbangkan Riyadh guna menangani merebaknya wabah kolera di Yaman.

Menteri Pertahanan Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman, memerintahkan Pusat Bantuan Kemanusiaan Raja Salman (KSRelief) untuk menyumbangkan uang tersebut bagi Yaman. Sang Putra Mahkota Arab Saudi itu tampak mendengar permintaan dana bantuan dari PBB dan WHO.

“Kami sudah mendengar dari UNICEF dan WHO yang meminta donasi secepatnya sebesar USD66,7 juta untuk mengatasi kolera secara spesifik,” ujar Dokter Abdullah bin Abdulaziz al Rabeeah dari KSRelief, seperti dimuat Russia Today, Minggu (25/6/2017).

Menurut data WHO, sejauh ini sudah 791 orang yang meninggal dunia akibat wabah kolera di Yaman. Sementara itu, lebih dari 100 ribu orang di Yaman juga menderita penyakit yang menyebabkan orang muntah-muntah serta disentri tersebut.

“Mewakili Kantor Regional WHO, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setingginya bagi Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman atas inisiatif mulianya dalam bidang kemanusiaan untuk mendukung upaya mengakhiri penderitaan serta menangkal kolera di Yaman,” ujar Direktur Regional WHO Dokter Mahmoud Fikri.

Penyebaran wabah kolera di Yaman tidak terlepas dari konflik berkepanjangan yang terjadi sejak 2015. Konflik tersebut sedikit banyak dipengaruhi oleh tindakan Arab Saudi yang melakukan serangan udara untuk mendesak milisi Houthi yang didukung Iran.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini