nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabel Kereta Gantung Tertinggi di Dunia Putus, 7 Orang Tewas

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 26 Juni 2017 07:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 25 18 1724660 kabel-kereta-gantung-tertinggi-di-dunia-putus-7-orang-tewas-O7m2jnAgIX.jpg Kereta gantung di Gulmarg menawarkan pemandangan indah dari Pegunungan Himalaya (Foto: Getty Images)

GULMARG – Sedikitnya tujuh orang tewas di wilayah Gulmarg, Kashmir, India, setelah kabel kereta gantung terputus di ketinggian. Satu unit kereta gantung tersebut langsung terjatuh ke tanah dan menewaskan seluruh penumpang di dalamnya.

Sejumlah orang lainnya dilaporkan terperangkap dalam kereta-kereta gantung lainnya di tengah hembusan angin kencang. Kabel kereta gantung diyakini terputus setelah terhantam sebatang pohon yang tertiup kencangnya angin. Dua orang di antara korban tewas adalah anak-anak.

Kereta gantung yang berada di Galmarg tersebut diketahui sebagai salah satu wahana kereta gantung tertinggi di dunia. Otoritas setempat mengatakan, sedang berupaya keras memperbaiki kabel yang rusak serta menyelamatkan orang-orang yang terjebak di 15 kereta gantung lainnya.

Mantan Kepala Menteri Negara Bagian Kashmir, Omar Abdullah, menduga ketidakpekaan otoritas sebagai penyebab kecelakaan. “Timbul pertanyaan mengapa operasional kereta gantung tidak ditangguhkan karena angin kencang. Itu adalah prosedur standar,” ujar Omar Abdullah, mengutip dari BBC, Senin (26/6/2017).

Kereta gantung di Gulmarg berada pada ketinggian 4.100 meter (m) dari permukaan tanah. Layanan kereta gantung untuk penumpang tersebut menawarkan pemandangan indah dari Pegunungan Himalaya yang selalu diselimuti salju sepanjang tahun.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini