nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KRL Bogor-Jakarta saat Lebaran, Warga: Tahun Ini Lebih Sepi

Agregasi Antara, Jurnalis · Minggu 25 Juni 2017 22:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 25 338 1724479 krl-bogor-jakarta-saat-lebaran-warga-tahun-ini-lebih-sepi-FbP0joQBR3.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Beberapa warga mengatakan jumlah penumpang di kereta commuterline atau KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) khususnya tujuan Bogor-Jakarta Kota pada Lebaran 2017 lebih sepi daripada hari raya tahun sebelumnya. Salah satunya karena penambahan perjalanan kereta.

Warga dari Cilebut Windu mengatakan bahwa dirinya bersama keempat anggota keluarga hanya menunggu sekitar 5-10 menit sampai kereta menuju Jakarta Kota tiba. "Tadi enggak terlalu ramai meskipun berdiri sampai Juanda. Saya pikir karena tahun ini frekuensi keretanya jauh lebih banyak daripada tahun lalu," kata Windu kepada Antara di Stasiun Juanda Jakarta, Minggu (25/6/2017).

Ia mengatakan bahwa setiap tahun pada Idul Fitri menggunakan kereta commuter line ke Jakarta untuk mengunjungi orangtua. Warga lainnya yang mudik menuju Jakarta menggunakan commuterline, Adli asal Citayam, mengatakan bahwa penumpang kereta pada tahun ini lebih lowong daripada hari biasanya dan Lebaran tahun lalu.

"Kereta dari Bogor ke Jakarta Kota agak kosong. Akan tetapi, beberapa tujuan, seperti Bekasi, ada penumpukan penumpang di Stasiun Manggarai," kata Adli.

Salah satu alasan jumlah penumpang commuterline Bogor-Jakarta Kota lebih sepi karena PT KCJ tetap mengoperasikan 918 perjalanan KRL per harinya. Jumlah ini tidak ada perubahan jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

Namun, jumlah tersebut meningkat dari total tahun lalu, yakni 898 perjalanan KRL per hari dengan menggunakan 75 rangkaian KRL yang terdiri atas rangkaian dengan formasi 12 kereta, 10 kereta, dan delapan kereta.

Adapun tren pertumbuhan penumpang pada setiap musim Lebaran diprediksi meningkat sebesat 10,7 persen dari 2016.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini