nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aneh, Perempuan Spanyol Pura-Pura Buta agar Tak Perlu Menyapa Orang

Silviana Dharma, Jurnalis · Kamis 29 Juni 2017 16:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 29 18 1725746 aneh-perempuan-spanyol-pura-pura-buta-agar-tak-perlu-menyapa-orang-JjS6MOWvxq.jpg Carmen Jimenez pura-pura buta selama tiga dekade demi menghindari orang-orang (Foto: Hay Noticia)

MADRID – Carmen Jimenez, perempuan asal Madrid, Spanyol kehilangan penglihatannya dalam sebuah kecelakaan tragis yang terjadi 28 tahun lalu. Ia menjadi perempuan tua berusia 57 tahun yang buta. Begitu katanya kepada orang-orang, bahkan kepada keluarganya sendiri.

Belakangan ketahuan, kalau dia sebenarnya hanya pura-pura buta. Dia selama hampir tiga dekade itu sebetulnya bisa melihat segalanya dengan jelas. Pengakuan yang sontak membuat seluruh anggota keluarga tercengang.

Walaupun suaminya berujar, mereka sering sangsi juga dengan kebutaannya. Sebab dia tetap bisa merias wajahnya dengan sempurna dan kadang-kadang seperti bisa menonton televisi.

Seperti disitat dari Oddity Central, Kamis (29/6/2017), Jimenez menjelaskan kalau dia mengaku buta karena lelah harus menyapa orang-orang yang sedang tidak ingin diajaknya bicara.

“Saya lelah bertemu orang-orang di jalan dan berhenti untuk mengatakan halo. Saya tipe yang memang tidak terlalu suka bersosialisasi dengan orang-orang,” terangnya.

Dengan berpura-pura menjadi perempuan buta, memakai kaca mata dan berjalan dengan bantuan tongkat, Jimenez berharap bisa menghindari semua tanggung jawab sosial tersebut.

Namun begitu, Hay Noticia adalah satu-satunya media yang memberitakan kisah ini. Banyak pembaca tidak percaya kalau berita ini sungguhan. Sebab bagaimana mungkin, ada orang yang berpura-pura buta tanpa ketahuan selama 28 tahun?

Apalagi di Spanyol, ada kebijakan dari pemerintah untuk memberikan pendanaan khusus kepada penderita tuna netra. Muncul pertanyaan apa pemerintah sebegitu teledornya sehingga tidak melakukan tes lebih dulu sebelum memberikan bantuan dana.

Jika pun kisah ini benar adanya, berarti Jimenez akan menghadapi gugatan hukum yang serius. Pasalnya dia sudah menipu negara untuk mengucurkan sejumlah dana untuknya selama hampir 30 tahun.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini