Kisah Mahasiswa Indonesia Berhasil Taklukkan Gunung Denali di AS

Siska Permata Sari, Okezone · Kamis 29 Juni 2017 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 29 65 1725735 kisah-mahasiswa-indonesia-berhasil-taklukkan-gunung-denali-di-as-bzK3Y6Gadi.jpg Foto: Dok Unair

JAKARTA - Tiga mahasiswa asal Surabaya yang berhasil meraih puncak setinggi 6.194 meter di atas permukaan laut (mdpl) di Denali, Amerika Serikat kini telah kembali ke tanah asalnya, Indonesia.

Muhammad Faishal Tamimi, Mochammad Roby Yahya, Yasak yang tergabung dalam tim Airlangga Indonesia Denali Expedition (AIDeX) Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam Wanala Universitas Airlangga (Unair) itu membagi kisah pendakiannya selama di gunung es tersebut.

Faishal mengaku medan di Denali tersebut sangat berat dan susah untuk didaki. Mulai dari perkiraan cuaca, medan salju, hingga gletser. Namun biarpun berat dan berbahaya, timnya mengaku bersyukur bisa berhasil melaksanakan misinya.

"Alhamdulillah, misi tercapai. Kami bisa mengibarkan bendera Merah Putih dan bendera Wanala," ungkapnya seperti dilansir dari laman Unair, Kamis (29/6/2017).

Tiga atlet tersebut tak dapat menampik rasa haru dan bangga. Pasalnya, perjuangan mereka selama di gunung es tersebut mampu terbayar lunas dengan kibaran merah putih di puncak Denali.

"Benar-benar gunung es. Mulai dari es yang keras, lebur bisa diinjak hingga setinggi paha orang dewasa. Ditambah cuaca ekstrem seperti angin, blizzard, dan whiteout. Putih semua sampai nggak kelihatan apa-apa," kisah Faishal.

Gunung es di Denali ini bagi Faishal dan Roby merupakan pengalaman yang baru kali pertama. Berbeda dengan Yasak yang pernah mencicipi Elbrus di Rusia pada 2011 silam. Alhasil mahasiswa Unair dari berbagai fakultas tersebut berhasil mendaki Denali selama 16 hari, yang artinya sesuai rencana pemetaan waktu sebelum keberangkatan.

Usai pendakian di Denali atau puncak McKinley, mahasiswa pecinta alam tersebut juga berencana melakukan pendakian ke puncak Vinson Massif di Kutub Selatan dan Everest di Nepal.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini