nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kritik Pemerintah, Blogger Vietnam Diganjar 10 Tahun Penjara

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Sabtu 01 Juli 2017 02:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 30 18 1726297 kritik-pemerintah-blogger-vietnam-diganjar-10-tahun-penjara-BnwZdL3Tgq.jpg Nguyen Ngoc Nhu Quynh. (Foto: Sky News)

HANOI  -  Nguyen Ngoc Nhu Quynh terpaksa harus mendekam dipenjara selama 10 tahun lamanya hanya karena tulisan yang ia buat. Pasalnya, perempuan asal Vietnam itu menulis artikel yang isinya mengkritisi pemerintah dan mem-posting-nya di Facebook.

Sebagaimana dilansir Sky News, Sabtu (1/7/2017), Nguyen menulis sebanyak 18 artikel. Ia juga telah menjadi seorang blogger aktif sejak 2006. Tulisan Nguyen sebagian besar isinya menyerukan hak kebebasan bicara di Vietnam.

Perempuan malang itu ditangkap pada Oktober 2016 sesaat setelah menjenguk temannya sesama aktivis yang telah ditahan sebelumnya. Nguyen sendiri telah mengajukan banding atas vonis yang diarahkan kepadanya itu dan menyebut, vonis tersebut merupakan hal yang 'kejam serta tidak adil'.

"Di Vietnam, pemerintah ingin mengendalikan internet, dan mereka ingin mengendalikan apa yang bisa dibaca orang serta mana yang tidak. Apa yang saya lakukan sekarang adalah apa yang saya inginkan untuk dimiliki anak-anak saya di masa depan," ujar Nguyen dalam nota pembelaannya.

Sementara itu, badan Hak Asasi Manusia (HAM) atau Human Rights Watch (HRW) juga turut membantu meminta keadilan bagi Nguyen dan meminta pemerintah untuk membebaskan semua aktivis yang ditahan.

Laporan HRW yang diterbitkan pada Juni memberi bukti tindakan keras "kejam" terhadap aktivis hak asasi manusia dan blogger di Vietnam, yang merupakan negara komunis satu partai. HRW memperkirakan terdapat 110 aktivis yang ditahan pemerintah.

"Seperti negara-negara lain di dunia, di Vietnam, semua tindakan pelanggaran hukum harus ditangani secara ketat sesuai dengan peraturan hukum Vietnam," terang Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam, Le Thi Thu Hang.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini