Museum UGM Ini Rupanya Menyimpan Masa Kecil Barack Obama

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 30 Juni 2017 12:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 30 65 1726056 museum-ugm-ini-rupanya-menyimpan-masa-kecil-barack-obama-hPBRdm0Onq.jpg Museum UGM (foto: Dok UGM)

JAKARTA - Siapa yang menyangka bila kawasan Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki secuil kenangan bagi mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang belakangan ini bertandang ke Indonesia termasuk Yogyakarta, sebuah kota di Jawa Tengah yang pernah melekat di hati Obama kecil.

Di sebuah bangunan bercat putih yang dikenal dengan Museum UGM inilah Obama kecil pernah tertidur di dalamnya. Museum yang diresmikan pada Desember 2013 silam itu terletak di rumah dinas Bulaksumur D6 dan D7.

"Di ruangan ini dulu Obama kecil beristirahat," ungkap Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Suratman, seperti dilansir dari laman UGM, Jumat (30/6/2017).

Suratman mengisahkan, Museum UGM tersebut tadinya merupakan rumah dinas dari paman tiri Barack Obama, yakni Imam Sutiknjo.

"Saat libur panjang puasa pada 1967 hingga 1971, Obama pergi ke Yogyakarta bersama ibunya Ann Dunham dan ayah tirinya Dr. Soetoro. Mereka selalu tinggal di rumah dinas paman tirinya ini," imbuh salah satu penggagas Museum UGM tersebut.

Sementara adik Obama, Maya Soetoro tercatat pernah mengunjungi Museum UGM ini pada 2013 silam. Museum ini sendiri memajang koleksi peninggalan dan foto para tokoh nasional yang berjasa pada pendirian universitas terkemuka di Yogyakarta ini. Saat itu, Maya juga menyempatkan melihat Ruang Barry di D7, sebuah ruangan yang menjadi tempat singgah kakaknya ketika kecil.

Mantan Presiden AS Barack Obama kini tengah berada di Indonesia. Ia mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Bali kemudian Yogyakarta. Rencananya, sore ini ia bertandang ke Istana Bogor untuk dijamu oleh Presiden RI Joko Widodo.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini