nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapolda Papua Harap Tak Ada Gangguan Keamanan saat HUT OPM

Agregasi Antara, Jurnalis · Sabtu 01 Juli 2017 11:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 01 340 1726402 kapolda-papua-harap-tak-ada-gangguan-keamanan-saat-hut-opm-njwPv2MpQd.jpg Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar (Foto: Heru Haryono/Okezone)

TIMIKA - Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar berharap tidak ada gangguan keamanan di wilayah provinsi ujung timur Indonesia itu terkait peringatan HUT TPN-OPM pada 1 Juli.

"Kami berharap tidak adalah gangguan keamanan. Kami sudah memberikan arahan kepada anggota untuk mengedepankan pendekatan persuasif dan langkah-langkah preventif serta upaya deteksi dini terhadap semua potensi gangguan yang mengarah kepada hal-hal yang bertentangan dengan konstitusi," kata Boy Rafli di Timika, Sabtu (1/7/2017).

Mantan Kapolda Banten itu menambahkan, upaya deteksi dini terhadap semua potensi gangguan keamanan terus dilakukan jajaran Polri dan TNI di Papua melalui komunikasi dengan semua kelompok yang ada di dalam masyarakat Papua.

Boy yang pernah menjabat sebagai Kadiv Humas Mabes Polri itu juga meminta semua anggota Polri di wilayah Papua terus membangun kesadaran masyarakat setempat agar tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum dan konstitusi negara.

Situasi keamanan di wilayah Papua selama ini cukup rawan dengan gangguan keamanan terutama menjelang 1 Juli dan 1 Desember yang diperingati sebagai momentum pembentukan Tentara Pembebasan Nasional-Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM).

Boy Rafli Amar : Lokasi 'Bom Panci' Sudah Kondusif

Adapun peringatan HUT Bhayangkara tahun ini akan diundur setelah tanggal 10 Juli 2017 pascaberakhirnya kegiatan operasi ramadniya mengingat saat ini sebagian besar anggota Polri di semua daerah terlibat kegiatan pengamanan arus balik Lebaran.

"Kami tahu sebagian besar teman-teman sekarang lagi bertugas di pos-pos pengamanan terutama di jalur-jalur mudik. Makanya pimpinan Polri memutuskan bahwa peringatan HUT Bhayangkara akan dilakukan setelah pengamanan Lebaran," tandas Boy.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini