nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Kriminalitas, Badung Jaring 27 Orang Tanpa Identitas

Agregasi Antara, Jurnalis · Senin 03 Juli 2017 05:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 02 340 1726912 antisipasi-kriminalitas-badung-jaring-27-orang-tanpa-identitas-yiMZwOlX3Y.jpg Foto: Ilustrasi

BADUNG - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung, Bali, berhasil menjaring 27 orang penduduk pendatang yang tiba di Terminal Tipe A Mengwi, tanpa membawa kartu identitas lengkap.

"Upaya ini sudah kami lakukan pada 29-30 Juni 2017 dengan melakukan inspeksi mendadak kepada pemudik yang baru tiba di Terminal Mengwi dan kami telah diberikan tindakan tegas," kata Kepala Satpol PP Badung, IGK Surya Negara, di Mangupura, Minggu 2 Juli 2017.

Upaya ini dilakukan untuk memantau warga yang memasuki kawasan Badung agar tertib administrasi kependudukan dan mengurangi kasus kriminalitas di Wilayah Badung. Dalam kegiatan ini, turut dibantu Kepolisian, TNI serta Kejaksaan Negeri Denpasar.

Ia mengatakan, pada inspeksi mendandak dan sidang tindak pidana ringan yang dilakukan pada 29 Juni 2017 berhasil mendapati sembilan orang melakukan pelanggaran seperti tujuh Kartu Tanda Penduduk (KTP) mati dan dua orang tanpa identitas. Kemudian, pada 30 Juni 2017 berhasil menjaring 18 orang melakukan tindak pidana ringan karena melanggar Perda Badung Nomor 7 Tahun 2016, pasal 28 ayat 1 tentang kepemilikin KTP.

"Kami sudah memulangkan delapan penumpang yang melakukan pelanggaran ini, dan 19 orang lainnya sudah ada penjamin sehingga tidak dipulangkan," ujarnya.

Mantan Kabid Operasinal Satpol PP Badung ini juga mengatakan, kegiatan penertiban administrasi kependudukan ini nantinya tidak hanya berhenti di terminal Mengwi saja, namun akan dilanjutkan ke tingkat Desa dan Banjar. "Nanti kami koordinasi dengan sejumlah Desa dan Desa Adat hingga ke tingkat lingkungan untuk melakukan gerakan penertiban administrasi kependudukan ini," ujarnya.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini