nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Lanka Kerahkan Ratusan Tentara untuk Tangkis Nyamuk Demam Berdarah

Silviana Dharma, Jurnalis · Senin 03 Juli 2017 17:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 03 18 1727601 sri-lanka-kerahkan-ratusan-tentara-untuk-tangkis-nyamuk-demam-berdarah-LliwO3nwAE.jpg Ilustrasi. Pengasapan nyamuk demam berdarah. (Foto: Ishara S Kodikara/AFP)

COLOMBO – Pemerintah Sri Lanka mengerahkan ratusan tentara untuk memberantas jentik-jentik nyamuk demam berdarah. Wabah penyakit yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti itu dilaporkan kembali memakan korban jiwa.

Sedikitnya 215 orang meninggal akibat demam berdarah dalam setahun terakhir. Sementara jumlah yang terjangkit mencapai 71.000 orang selama enam bulan pertama 2017. Angka itu memecahkan rekor pada 2016, saat 55.000 orang terinfeksi DBD.

Penyebarannya semakin cepat tatkala negara itu kini sedang dilanda musim hujan yang menyebabkan kelembaban udara meningkat dan air menggenang hingga banjir di sejumlah daerah. Kondisinya diperparah pula dengan tumpukan sampah berbau busuk.

Untuk itu, pemerintah merasa perlu turun tangan. Pasukan gabungan yang terdiri dari polisi dan petugas kesehatan meluncurkan kampanye intensif untuk mengidentifikasi titik-titik tertinggi penyebaran nyamuk tersebut.

“Pasukan ini akan terbagi menjadi 25 tim. Mereka akan berpindah-pindah ke daerah yang terkena dampak terburuk di dan sekitar Colombo dan mencari tempat berkembang biak nyamuk dengue,” terang pemerintah Sri Lanka, seperti disadur dari The Star, Senin (3/7/2017).

Selain cuaca, pemerintah juga melimpahkan kesalahan kepada minimnya ketersediaan tempat pembuangan sampah di Colombo. Tempat pembuangan akhir di sana mengalami kelongsoran dan menghancurkan puluhan rumah dan menewaskan 32 orang.

Kini mereka kesulitan mencari lahan pembuangan sampah lagi. Sampah warga pun menumpuk di sembarang tempat, menyebabkan para nyamuk lebih leluasa berkembang biak.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini