nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berlebihan Puji Raja Salman, Kolumnis Arab Saudi Dipecat

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 04 Juli 2017 01:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 03 18 1727901 berlebihan-puji-raja-salman-kolumnis-arab-saudi-dipecat-eqTLmF96cv.jpg Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz. (Foto: Reuters)

RIYADH - Seorang kolumnis Arab Saudi mendapat masalah setelah memuji pemimpin Dinasti Saud, Salman bin Abdulaziz secara berlebihan. Dalam tulisannya di surat kabar Al Jazirah, penulis Ramadan al Enenzi menghujani Raja Salman dengan pujian yang diidentikkan dengan sifat Allah SWT, Tuhan bagi umat Muslim.

Ramadan dilaporkan menyebut raja berusia 81 tahun itu dengan julukan Haleem dan Shadeed al-Eqab, nama yang diasosiasikan dengan Allah SWT dan disebutkan di dalam Al Quran. Alih-alih tersanjung, Raja Salman justru merasa terkejut dengan pujian berlebihan tersebut dan mengajukan keluhan atas tulisan itu kepada Kementerian Informasi dan Budaya.

"Masalah seperti ini mengganggu kami dan kami tidak dapat menerima atau menolerirnya. Kami tidak menginginkannya dan kami tidak mengakuinya. Kami sangat menyadari keseriusan masalah ini dan bahaya bersikap lunak terhadapnya,” tulis Raja Salman sebagaimana dilansir dari Gulf News, Selasa (4/7/2017).

Raja Salman bahkan memerintahkan pemecatan terhadap Ramadan, dan menegur surat kabar yang bersangkutan karena menyalahi aturan penerbitan.

“Semua surat kabar dan media harus menyadari sepenuhnya bahwa hal-hal tersebut tidak boleh dipublikasikan dan bahwa semua pihak yang tidak mematuhi akan dimintai pertanggungjawabannya," tambahnya.

Al Jazirah segera melayangkan permintaan maaf dan menyatakan bahwa Ramadan salah memilih deskripsi yang digunakan untuk memuji sang raja.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini