nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rumah Bagian Sejarah Kerajaan Sukadana Ludes Terbakar

Ade Putra, Jurnalis · Senin 03 Juli 2017 10:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 03 340 1727219 rumah-bagian-sejarah-kerajaan-sukadana-ludes-terbakar-CYmCalio2l.jpg Rumah bagian dari sejarah Kerajaan Sukadana, Kalbar yang terbakar. Foto Okezone/Ade Putra

KAYONG UTARA - Salah satu rumah yang merupakan bagian dari sejarah Kerajaan Sukadana di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat ludes terbakar, Senin (3/7/2017) pagi. Barang-barang peninggalan kerajaan pun ikut ludes terbakar.

"Rumah ini merupakan bagian dari sejarah Kerajaan Sukadana, yang menyimpan pedang dan lonceng Kerajaan Sukadana," kata Jumadi Gading, salah satu warga Sukadana.

Jumadi menjelaskan, kebakaran terjadi sekira pukul 04.30 WIB, saat warga sekitar tengah menjalankan ibadah Salat Subuh.

Pemadam kebakaran yang cepat tiba di lokasi pun berupaya memadamkan api yang terlanjur menghanguskan bangunan yang terbuat dari material yang mudah terbakar.

Belum diketahui penyebab pasti kebakaran yang menghanguskan rumah yang letaknya persis depan Masjid Al Qudsi, Sukadana ini. Tak ada korban jiwa dalam insiden ini. Kepolisian masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran.

"Lonceng peninggalan kerajaan hangus. Tapi pedang, alhamdulillah dapat diselamatkan. Mudah-mudahan keluarga yang tertimpa musibah diberikan ketabahan," kata Jumadi.

Kebakaran ini menarik simpatik ramai masyarakat. Terutama, bagi masyarakat yang pernah mengabadikan momen dan barang bersejarah di sana. "Innalillahiwainalillahi rojiun. Saya masih ada simpan foto lonceng, pedang, dan beberapa tongkat kayu sisa-sisa kejayaan kerajaan. Semoga keluarga yang terkena musibah diberi ketabahan," kata Sugeng Klinsman.

Jumadi mengatakan, pihaknya turut prihatin atas musibah yang menimpa keluarga Kerajaan Sukadana. "Mudah-mudahan keluarga yang tertimpa musibah diberikan ketabahan," kata dia.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini