nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Buru Pembakar Puluhan Hektare Lahan Gambut di Aceh Barat

Agregasi Antara, Jurnalis · Selasa 04 Juli 2017 15:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 04 340 1728413 polisi-buru-pembakar-puluhan-hektare-lahan-gambut-di-aceh-barat-7NWvIByvE7.jpg

MEULABOH - Kepolisian Resor Aceh Barat masih terus mencari pelaku terduga pembakar lahan gambut yang ditemukan di 12 titik api dalam tiga kecamatan sepekan terakhir.

Kapolres Aceh Barat AKBP Teguh Priyambodo Nugroho, di Meulaboh, Selasa (4/7/2017) mengatakan, jajaran Polsek di wilayah 12 kecamatan sudah diperintahkan untuk memantau dan menangkap pelaku apabila ditemukan di tempat kejadian perkara (TKP).

"Karena memang waktu kita ke TKP lahannya sudah terbakar, tidak ada orang di situ, kami berawal dari siapa pemilik lahan ini dulu, kalau sudah ketahuan pemilik lahan baru kita lakukan pemanggilan, diperiksa, kenapa lahannya bisa terbakar," sebutnya.

Ia menyatakan, kebakaran lahan di wilayah hukum Polda Aceh itu sudah terjadi sejak pekan lalu atau tepatnya sekitar 30 Juni 2017, sejak kejadian itu pihak kepolisian terus mendatangi lokasi mencari pelaku dan mengginggatkan yang lain tidak ikut-ikutan.

Semua lahan yang terbakar tersebut kata dia, merupakan milik masyarakat, hanya saja siapa orangnya yang masih dilakukan pengembangan, kebakaran lahan gambut dalam sepekan ini dipicu oleh cuaca terik karena memasuki musim kemarau.

Ia menambahkan ancaman hukum kepada pelaku pembakara lahan bila lengkap semua unsur tindak pidana, maka hukumannya sangat berat, karena itu masyarakat dimintakan tidak melakukan perbuatan melanggar hukum.

"Yang terbakar lahan masyarakat itu, upaya kami mendata siapa pemilik dan mengkoordinasikan dengan BPBD melakukan pemadaman. Kalau memang tertangkap pelakunya jelas saksinya ada, barang buktinya ada, ancamannya berat," tegasnya.

Sebelumnya, kebakaran lahan gambut terjadi dalam tiga kecamatan Aceh Barat yakni di Kecamatan Johan Pahlawan, Meureubo dan Samatiga, luasan area lahan gambut terbakar terpencar pada 12 titik lokasi dengan perkiraan luasan mencapai 65 hektare lebih.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini