nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukannya Kapok, Terpidana Seumur Hidup Kembali Jualan Narkoba di Penjara

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Selasa 04 Juli 2017 22:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 04 340 1728672 bukannya-kapok-terpidana-seumur-hidup-kembali-jualan-narkoba-di-penjara-snTmlcKEv4.jpg Tersangka pengedar narkoba di lapas (foto: Wahyu/Okezone)

MEDAN – Hukuman penjara seumur hidup yang dijatuhkan majelis hakim, tak membuat Hendy (31) kapok berbisnis narkoba. Bahkan saat mendekam di dalam rutan Hendy nekat berjualan barang haram di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanjung Gusta Medan.

Akibatnya, Hendy pun kembali ditangkap. Dari kamarnya di Blog Sel G-4 Rutan Tanjung Gusta ditemukan narkoba jenis sabusabu seberat 5,12 gram. Atas kepemilikan narkoba tersebut, Hendy kembali dijatuhi hukuman enam tahun penjara.

Hukuman enam tahun penjara itu dibacakan majelis hakim yang diketuai Ahmad Sayuti di Pengadilan Negeri Medan, Selasa (4/7/2017)

Hendy dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan perbuatan yang diatur dengan Pasal 112 ayat (2) UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Menyatakan terdakwa Hendy telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan narkotika golongan I bukan tanaman dengan berat lebih dari 5 gram," kata Ahmad Sayuti dalam amar putusannya.

Putusan majelis hakim ini sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ricky Pasaribu. Hendy sendiri langsung menyatakan menerima putusan itu.

Untuk diketahui, Hendy bukan nama baru di bisnis narkoba. Sebelumnya dia dan istrinya Mirawaty alias Achin (33), dijatuhi hukuman seumur hidup karena mengedarkan 21,425 kg sabu-sabu dan 44.849 butir pil ekstasi. Perkara tersebut kini tengah menjalani proses kasasi di Mahkamah Agung setelah Pengadilan Tinggi Medan tetap menghukum keduanya dengan hukuman seumur hidup.

Keduanya merupakan bagian dari jaringan yang melibatkan Togiman alias Toge, terpidana mati dalam kasus yang diungkap Badan Narkotika Nasional (BNN).

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini