nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Qatar Tolak Ultimatum Negara-negara Arab, Isolasi Terus Berlanjut

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 06 Juli 2017 03:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 06 18 1729659 qatar-tolak-ultimatum-negara-negara-arab-isolasi-terus-berlanjut-HLIncZb68v.jpg Empat menteri luar negeri negara-negara Arab bertemu di Kairo, Mesir membahas kelanjutan situasi dengan Qatar. (Foto: Reuters)

RIYADH – Isolasi yang diberlakukan negara-negara Teluk terhadap Qatar masih akan terus berlanjut. Hal itu dikonfirmasi pihak Arab Saudi setelah Doha menolak ultimatum yang dibuat oleh negara-negara Teluk.

Para Menteri Luar Negeri dari empat negara Arab yang bertemu di Kairo mengatakan, mereka menyesali respons negatif yang ditunjukkan Qatar terhadap daftar tuntutan yang mereka buat. Arab Saudi, Mesir, Bahrain dan Uni Emirat Arab (UEA) yang memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Qatar bulan lalu menuntut dilakukannya perubahan besar dalam kebijakan Doha yang dituduh mendukung terorisme.

Para diplomat itu mengatakan bahwa Qatar tidak mengerti betapa serius dan gawatnya situasi yang mereka hadapi. Lebih jauh Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al Jubeir mengatakan negaranya akan mengambil langkah lebih lanjut terhadap Qatar di waktu yang tepat sejalan dengan hukum internasional.

Diwartakan BBC, Kamis (6/7/2017), pertemuan tersebut dilakukan saat batas waktu Qatar menerima daftar tuntutan atau menghadapi sanksi lebih lanjut yang akan berakhir. Tuntutan tersebut termasuk menutup saluran televisi Al Jazeera, mengurangi hubungan dengan Iran, serta menyerahkan individu yang dicari terkait kasus terorisme.

Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman al-Thani yang berbicara di London sebelum pertemuan tersebut menyebut pemutusan hubungan diplomatik yang dilakukan terhadap negaranya adalah sebuah “pengepungan yang jelas-jelas merupakan agresi dan penghinaan”.

"Jawaban atas ketidaksepakatan kami bukanlah blokade dan ultimatum, melainkan dialog dan akal sehat," tambahnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini