nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kacau! Air Mengandung Logam, Ratusan Pelanggan PDAM Sragen Protes

krjogja.com, Jurnalis · Kamis 06 Juli 2017 13:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 06 512 1729961 kacau-air-mengandung-logam-ratusan-pelanggan-pdam-sragen-protes-hlvcInu7WB.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

SRAGEN - Ratusan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sragen, Jawa Tengah di Kecamatan Gondang mengeluhkan kondisi air yang berbau tidak enak dan keruh. Mereka mangancam akan berhenti menjadi pelanggan PDAM jika kualitas air tak kunjung membaik.

Tokoh masyarakat Desa Gondang Baru, Kecamatan Gondang, Sofyan (70) mengatakan, keluhan kualitas air PDAM ini sebenarnya sudah terjadi sejak lama. Beberapa kali pelanggan sudah menyampaikan komplain, namun sampai sekarang belum ada tindaklanjut perbaikan.

"Bau air menyengat seperti campuran logam. Padahal air yang sehat mestinya tidak berbau. Kadang warna airnya juga keruh," ujarnya sebagaimana dilansir dari laman KRjogja, Kamis (6/7/2017).

Sofyan menyampaikan, keluhan pelayanan air ini terjadi hampir merata di Kecamatan Gondang. Kondisi ini jelas merugikan warga karena untuk kebutuhan memasak dan minum harus membeli air bersih tersendiri.

"Kami berharap segara ada solusi. Apalagi setiap hari pelanggan terpaksa membeli air bersih lagi untuk keperluan memasak," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sragen, Bambang Widjo Purwanto yang kebetulan juga tinggal di Kecamatan Gondang mengaku mendapat banyak keluhan terkait kualitas air PDAM ini. "Saya mendapat banyak keluhan warga tentang pelayanan air PDAM. Saya diminta ikut membantu penuntasan keluhan warga," tuturnya.

Bambang mengaku akan segera memanggil direksi PDAM agar keluhan pelanggan ini segera ditindaklanjuti. Sebelum PDAM menaikkan tarif, segala keluhan terkait pelayanan harus dibereskan lebih dulu.

"PDAM akan menaikkan tarif. Sebelum keluhan ini dibereskan, kami minta tarif jangan naik dulu," tambahnya.

Sedangkan Direktur Umum PDAM Tirto Negara Sragen, Supardi secara terpisah memohon maaf kepada warga Gondang atas pelayanan air PDAM yang membuat tidak nyaman. Ia mengakui bila pada aliran air PDAM memang ada kandungan zat besi tetapi kadarnya masih jauh di bawah batas normal sehingga masih layak dikonsumsi.

"Pelayanan air untuk pelanggan di Gondang berasal dari dua sumber, yakni sumber Gumeng Karanganyar dan sumur dalam di Tunggul, Gondang. Memang ada kandungan besi tapi masih dalam batas wajar," tandasnya.

Supardi mengaku PDAM telah merencanakan memasang alat semacam filter untuk mengurangi kadar besi. Tapi alat itu baru akan dipasang setelah Lebaran ini. "Nanti kalau alat telah terpasang dipastikan kualitas airnya sudah bersih dan tidak mengandung logam lagi," ujarnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini