nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ya Ampun! Ratusan Hektare Sawah di Purworejo Diserang Hama Wereng

krjogja.com, Jurnalis · Kamis 06 Juli 2017 15:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 06 512 1730078 ya-ampun-ratusan-hektare-sawah-di-purworejo-diserang-hama-wereng-5btIVMj2im.jpg ilustrasi (Foto: KRjogja)

PURWOREJO - Sedikitnya 117 hektare sawah di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah terserang hama wereng batang cokelat. Sejumlah petani terpaksa panen dini padi, Produksi gabah petani juga anjlok hingga dua kalilipat. Serangan wereng mulai terjadi pada musim tanam kedua tahun 2017.

"Wereng menyerang padi sejak umur 40 hari, kami berusaha mengatasi sebisanya," ujar Paiman, petani Dusun Pongangan Desa/Kecamatan Loano, seperti dikutip dari KRjogja, Kamis(6/7/2017).

Berbagai upaya kata dia, dilakukan antara lain dengan menyemprot tanaman menggunakan obat wereng yang dijual di toko. Petani juga menyebar insektisida sistemik di hamparan terserang. Namun seluruh usaha itu gagal.

Tanaman padi terpaksa dipanen ketika umur 90 hari, padahal normalnya 100 - 110 hari. Paiman mengaku tidak bisa menunggu lebih lama karena tanaman akan busuk terserang hama.

Panen dini dan serangan hama penyebabkan produksi anjlok. Sawah seluas 1.600 meter persegi yang digarap Paiman hanya menghasilkan kurang lebih tiga kuintal gabah. "Padahal normalnya 8-9 kuintal. Namun itu lebih baik dari pada gagal panen," tuturnya.

Sementara, Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DP2KP) Purworejo, Eko Anang SW mengatakan, pemerintah menyiapkan 500 liter insektisida untuk mengatasi serangan wereng.

Insektisida diperkirakan cukup untuk menangani 500 hektare sawah. Menurutnya, petani bisa mendapat obat tersebut di kantor dinas atau meminta bantuan penyuluh pertanian.

"Namun penanganan harus cepat dan merata, sebab wereng dapat berpindah ke petak lain. Penanganan setengah-setengah tidak akan mengatasi masalah, petani sebaiknya melakukan gerakan masal," tandasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini