nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dua Geng Kriminal Berkelahi di Penjara Meksiko, 28 Napi Tewas

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 07 Juli 2017 11:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 07 18 1730671 dua-geng-kriminal-berkelahi-di-penjara-meksiko-28-napi-tewas-2MJmHQs9VL.jpg Polisi dan militer Meksiko menutup kawasan di sekitar Penjara Las Cruces (Foto: Reuters)

ACAPULCO – Perkelahian antara dua geng yang saling berseteru terjadi di Penjara Las Cruces, Acapulco, Meksiko. Akibat perkelahian tersebut, sebanyak 28 orang narapidana (napi) tewas. Padahal, area penjara di mana perkelahian terjadi, berada dalam pengawasan ketat.

Konflik tersebut diketahui terjadi pada Kamis 6 Juli 2017 dini hari waktu setempat. Beberapa korban ditemukan tewas akibat luka tusuk dan bekas pukulan serta kepala terpenggal. Gubernur Negara Bagian Guerrero langsung memerintahkan penyelidikan terkait insiden perkelahian tersebut.

Acapulco adalah kota terbesar di Negara Bagian Guerrero, salah satu area paling kejam serta pusat terbesar produksi narkotika di Meksiko. Pejabat Keamanan setempat, Roberto Alvarez menuturkan, jenazah para korban ditemukan di beberapa unit berbeda, seperti di dapur dan area kunjungan.

“Sejauh ini tidak ada tanda-tanda penggunaan senjata. Penyelidikan juga akan difokuskan kepada staf penjara. Insiden tersebut dipicu oleh perseteruan antara dua kelompok rival di dalam penjara yang sudah berlangsung lama,” terang Roberto Alvarez, mengutip dari BBC, Jumat (7/7/2017).

Kepolisian Federal dan militer Meksiko memasang pagar pengaman di sekitar penjara Las Cruces. Penjara tersebut dilaporkan mengalami kelebihan daya tampung. Menurut catatan, Las Cruces dihuni oleh sekira 2.000 orang napi.

Kota Acapulco pernah menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di Meksiko. Namun, meningkatnya jumlah kekerasan yang dilakukan geng kriminal menjadikan Acapulco sebagai salah satu kota paling mematikan di Negeri Sombrero.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini