nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Akhir Libur Sekolah, Pemohon Dokumen Kependudukan di Medan Membeludak

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Jum'at 07 Juli 2017 21:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 07 340 1731459 jelang-akhir-libur-sekolah-pemohon-dokumen-kependudukan-di-medan-membeludak-TVv31eAf5o.jpg Foto: Wahyudi/Okezone

MEDAN - Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan di Jalan Iskandar Muda, Kota Medan, Sumatera Utara diserbu ratusan warga, Jumat (7/7/2017).

Mereka terlihat mengantre untuk mendapatkan pelayanan Administrasi Kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga maupun Akte Kelahiran. Bahkan ada yang mengantre sejak dini hari, sebelum loket pelayanan dibuka.

Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi dan Kependudukan, Arfian Saragih mengatakan, jika dibandingkan dengan hari biasanya, jumlah warga yang memohon pelayanan administrasi kependudukan saat ini meningkat dua kali lipat. "Kalau hari biasa, yang memohon KTP sekira 200 orang, dan Akte 50 orang. Tapi hari ini ada sekitar 400 orang yang mengurus KTP dan 100 orang yang mengurus Akte. Tren peningkatan permohonan ini sudah terjadi sejak hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran kemarin," kata Arfian.

Lebih lanjut dia mengatakan, peningkatan permohonan administrasi kependudukan ini terjadi seiring akan berakhirnya masa libur sekolah dan kegiatan akademik para mahasiswa. "Banyak warga yang memanfaatkan momentum libur sekolah saat ini untuk mengurus administrasi kependudukan," tuturnya.

Sementara terkait pelayanan di tengah membeludaknya warga, pihaknya telah berusaha maksimal untuk menjaga kenyamanan. Namun ia harus mengakui ada keterbatasan blangko KTP sehingga mereka harus melakukan pembatasan.

"Jika saat ini masyarakat yang berusia 17 hingga 22 tahun yang bisa mendapatkan blangko untuk pengurusan e-KTP. Jadi di atas usia 22 tahun yang ingin mengurus e-KTP hanya kita berikan surat keterangan. Kami mohon maaf untuk ketidaknyamanan tersebut," tutur Arfian.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini