nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Mbah Suparni, Wanita Tertua di Yogyakarta Berusia 117 Tahun

krjogja.com, Jurnalis · Jum'at 07 Juli 2017 13:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 07 510 1730865 mengenal-mbah-suparni-wanita-tertua-di-yogyakarta-berusia-117-tahun-1JazjwmM2Y.jpg Mbah Suparni tetap bugar di usia 117 tahun (Foto: KRjogja)

KULONPROGO - Nenek Suparni punya resep sederhana hingga di usianya yang 117 tahun masih bisa keliling kampung untuk berjualan. Ia bahkan tidak punya pantangan makanan apapun di usianya yang lebih dari seabad.

Menerapkan kehidupan sederhana yang membuatnya diberikan umur panjang dan mampu bekerja sampai sekarang. Makanan apa saja seadanya dimakan dan dalam menjalani kehidupan selalu menjaga kesehatan dengan berpikiran jernih.

“Kalau selalu berpikiran jernih, tidak berpikiran pekok. Segala kebutuhan pangan, sandang dan papan akan tercukupi. Itu kekayaan paling berharga,” ujarnya, dikutip dari laman KRjogja, Jumat (7/7/2017).

Nenek yang juga berpedoman nrimo ing pandum (menerima apa adanya-red) itu juga menilai bahwa badan yang sehat, bisa makan juga sebuah kekayaan. “Kalau kaya tapi sakit juga sama saja,” katanya terkekeh.

Suparni menuturkan, pernikahannya dengan Karto Pawiro alias Rabin yang dikaruniai dua anak. Suaminya sekitar 1965 merantau untuk bekerja di daerah Metro, Pulau Sumatera. Sejak itu seorang diri membesarkan kedua anaknya hingga bercucu dan bercicit.

Salah satu cicit Suparni, Firdan Dandy Saputra (19) mengungkapkan cukup luar biasa semangat kerja buyut di usia 117 tahun. Setiap hari masih keliling kampung berjualan kain, jamu dan memproduksi tampar untuk kerajinan.

Firdan mengatakan, di usia yang sudah lanjut, buyutnya memilih tinggal dan tidur di gubuk sederhana di samping rumah anaknya.

“Sebenarnya simbah sudah disiapkan kamar di dalam rumah. Setiap diminta tinggal di dalam rumah tidak mau, memilih tidur di luar,” jelasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini