2 Tersangka Korupsi Bansos Pendidikan Rp26 Miliar Segera Diadili

Rasyid Ridho , Sindonews · Jum'at 07 Juli 2017 22:13 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 07 525 1731510 2-tersangka-korupsi-bansos-pendidikan-rp26-miliar-segera-diadili-g3V8Rus4Ao.jpg Foto: Ilustrasi

SERANG - Dua tersangka kasus dugaan korupsi bantuan sosial pendidikan dari Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2014 sebesar Rp26 milar akan duduk di kursi pesakitan.

Kapastian tersebut setelah dilimpahkan berkas dan tersangka dari Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten kepada Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Serang. Kedua tersangka yakni Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bansos Pendidikan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Agustinus dan tersangka Kamaludin. Kasi Pidsus Kejari Serang Agustinus Olaf Mangotan mengatakan, penahan keduanya dilakukan setelah pemeriksaan sejumlah berkas dan kesehatan kepada tersangka.

“Proses hari ini tahap dua pelimpahan tersangka dan barang bukti dari penyidik ke penuntut umum,” ujarnya, Jumat (7/7/2017).

Olaf menjelaskan, penahanan selama 20 hari, sambil menunggu jadwal persidangan. Keduanya ditatahan di lokasi berbeda. Tesangka Agustinus ditahan di Lapas Pandeglang dan Kamaludin ditahan di Rutan Klas IIB Serang.

"Selanjutnya akan segera di limpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Serang guna proses Penuntutan," kata Olaf.

Tersangka Agustinus merupakan Kabag Pembendaharaan dan Pembiayaan pada Biro Keuangan Kemendikbud RI. Ia dituding menerima dana hasil penyunatan anggaran Bansos tahun 2014.

Bansos tersebut dialokasikan untuk 1.747 lembaga pendidikan yang tersebar di Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Cilegon.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini