nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahasiswa Ciptakan Aplikasi Scanning Uang untuk Penyandang Tunanetra

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 11 Juli 2017 09:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 10 65 1732533 mahasiswa-ciptakan-aplikasi-scanning-uang-untuk-penyandang-tunanetra-4jV8DZ8bhE.jpg Foto: Dok Undip

JAKARTA - Inovasi mahasiswa di bidang pengembangan teknologi aplikasi Android terus berkembang. Salah satu contohnya adalah hasil inovasi mahasiswa asal Semarang. Mereka menciptakan alat scanning uang bagi penyandang disabilitas tunanetra.

Sekelompok mahasiswa itu antara lain Yuyu Wahyudin, Eva Yulianti, Alviana Puri, Wisnu Indrawan, dan Aryani Devi. Kelima mahasiswa yang tercatat sebagai mahasiswa Fisika di Universitas Diponegoro (Undip) tersebut menciptakan aplikasi bernama Mas Jawa T-Netra.

Melansir dari laman Undip, Selasa (11/7/2017), latar belakang adanya aplikasi tersebut berangkat dari keterbatasan penyandang tunanetra pada indera pengelihatan menyebabkan mereka kesulitan dalam mengidentifikasi nominal uang.

Aplikasi berbasis Android yang telah bisa diunduh di Play Store tersebut dirancang dengan metode neural network. Mas Jawa T-Netra ini juga memiliki konsep yang sederhana sehingga mudah dioperasikan.

Aplikasi besutan mahasiswa Semarang ini juga memanfaatkan teknologi suara sebagai output hasil scanner nominal uang tersebut. Mereka berharap, inovasinya ini mampu membantu para penyandang tunanetra mendeteksi nominal uang dalam kehidupan sehari-hari.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini