Image

Berencana Pensiun Dini, DPR Harap Tito Karnavian Selesaikan Masa Jabatannya

Bayu Septianto, Jurnalis · Selasa 11 Juli 2017, 18:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 11 337 1733895 berencana-pensiun-dini-dpr-harap-tito-karnavian-selesaikan-masa-jabatannya-7UjfhRcqAP.jpg Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (Foto: Antara)

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Supratman Andi Agtas berharap Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyelasaikan tugasnya hingga masa jabatannya berakhir pada 2022. Namun, harapannya itu juga bergantung dari keputusan yang diambil Presiden Joko Widodo apakah akan mempertahankan Tito hingga masa jabatannya berakhir atau tidak.

"Semua tergantung pada Pak Kapolri tapi kami berharap sebenarnya dengan beliau berprestasi yang selama ini tidak diragukan soal kepolisian, sebenarnya kami berharap sih beliau lanjutkan tugasnya. Tapi yang paling penting sih tegantung Presiden," ucap Supratman di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (11/7/2017).

Supratman menduga kegelisahan Tito untuk pensiun dini itu karena prestasinya selama ini sebagai Kapolri tak dihargai masyarakat. Menurut Supratman, kegelisahan mantan Kapolda Metro Jaya ini amatlah wajar dan manusiawi.

"Soal wacana pensiun dini itu kan hanya ungkapan betapa beratnya tugas beliau. Berprestasi tapi tak dapat dukungan dari masyarakat dan sebagainya. Itu sah saja dan manusiawi," ucap Supratman.

Politikus Partai Gerindra itu tak setuju bila ada anggapan keinginan pensiun dini Tito ini lantaran banyaknya tekanan selama menjabat sebagai Kapolri akhir-akhir ini. "Kami enggak duga-duga, tapi apa pun kejadiannya Polri harus profesional tangani kasus-kasus tertentu," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Kapolri Jendral Tito Karnavian mengisyaratkan ingin pensiun dini sebagai orang nomor satu di Korps Bhayangkara. Meski masih memiliki waktu lima tahun lagi untuk pensiun, Tito memilih tak ingin menjadi Kapolri terlama.

"Saya sampaikan. Kalau saya boleh pilih, saya tidak ingin selesai sampai 2022. Kenapa? Terlalu lama, tidak baik bagi organisasi, tidak baik bagi saya sendiri. Bayangin, saya jadi Kapolri enam tahun, anggota dan organisasi akan bosan," katanya di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, saat upacara HUT ke-71 Polri, Senin 10 Juli 2017.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini