nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Subduksi Lempeng, Gempa Samosir Terasa hingga Kota Medan

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Selasa 11 Juli 2017 10:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 11 340 1733331 subduksi-lempeng-gempa-samosir-terasa-hingga-kota-medan-OVlQJnDzgx.jpg

MEDAN - Gempa bumi melanda sebahagian wilayah di Sumatera Utara, Selasa (12/7/2017) sekitar pukul 08:24 WIB.

Gempa tersebut berdampak pada goyangan lemah di sejumlah wilayah antara lain di Kota Pematang Siantar, Kota Medan, Kabupaten Simalungun, Sidikalang, dan Kota Sibolga pada skala intensitas I SIG-BMKG atau II MMI.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Moch Riyadi menyebutkan, gempa bumi tersebut merupakan gempa bumi tektonik dengan kekuatan 5,2 skala Richter yang berpusat di 8 kilometer arah timur laut Samosir atau pada koordinat 2.67 LU dan 98.85 BT di kedalaman 152 kilometer.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini disebabkan oleh aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia dengan hiposenter 152 kilometer.

"Karena hiposenter berada di kedalaman 152 kilometer maka gempabumi ini disebut sebagai gempabumi menengah. Meskipun gempabumi berpusat di darat namun gempabumi ini tidak berpotensi merusak," kata Riyadi dalam keterangan pers yang diterima Okezone, Selasa (12/7/2017) pagi.

Riyadi menyebutkan hingga pukul 09.00 WIB tadi, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Warga Sumatera Utara dan sekitarnya pun dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Masyarakat tak perlu panik, kami akan terus memberikan update jika ada karawanan yang terjadi," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini