Image

Ini yang Bikin BMW Seri 5 Terbaru Telat Masuk Indonesia

Anton Suhartono, Jurnalis · Kamis, 13 Juli 2017 - 07:05 WIB
Product Planning Manager BMW Group Indonesia Tami Notohutomo menjelaskan all new Seri 5 (Foto: Anton/Okezone) Product Planning Manager BMW Group Indonesia Tami Notohutomo menjelaskan all new Seri 5 (Foto: Anton/Okezone)

JAKARTA - Bila dibandingkan dengan negara tetangga, peluncuran BMW Seri 5 generasi terbaru di Indonesia termasuk paling belakangan. Thailand dan Malaysia sudah lebih dulu memasarkan sedan premium pesaing Mercedes Benz E Class ini. Di level global, Seri 5 generasi ketujuh ini pertama kali diluncurkan pada Oktober 2016.

Mengomentari hal ini, Vice President Corporate Communication BMW Group Indonesia Jodie O’tania menjelaskan bahwa konsumen di Indonesia memang harus menunggu lebih lama menyambut Seri 5 generasi ketujuh. Hal ini disebabkan, BMW Group Indonesia langsung memasarkan versi rakitan lokal, bukan hanya versi impor utuh atau completely built up (CBU).

BMW Group Indonesia bisa saja meluncurkannya lebih cepat jika yang dijual hanya produk versi CBU.

"Kita tidak bisa bilang terlambat, mungkin menunggu lebih lama. Karena pada saat ini kan kami meluncurkan langsung rakitan lokal. Apabila kami luncurkan CBU bisa lebih cepat, tapi ini langsung yang rakitan lokal," terang Jodie, di Jakarta, kemarin.

Untuk bisa merakit mobil secara lokal, lanjut dia, butuh proses panjang, baik dalam investasi, mempersiapkan fasilitas, serta sumber daya manusia (SDM). Tim ahli dari BMW Jerman juga terlibat dalam persiapan produksi.

"Karena semua proses perakitan membutuhkan proses training, kemudian dengan investasi yang berkaitan dengan BMW. Jadi ahli dari Jerman yang datang ke Gaya Motor (fasilitas perakitan di Sunter, Jakarta Utara). Jadi semua itu membutuhkan proses," ungkapnya.

Selain rakitan lokal, BMW Group Indonesia juga memasarkan Seri 5 CBU yakni 530i M Sport. Mobil ini mengalami penambahan aksesori yang membuat penampilannya lebih sporty dan maskulin dibandingkan Seri 5 Luxury Line rakitan lokal. Harga keduanya pun terpaut sekira Rp200 jutaan. Model 530i Luxury Line dibanderol Rp1,149 miliar sedangkan 530i M Sport Rp1,379 miliar, off the road.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming