nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Lahir Malala Yousafzai dan Keajaiban Usia 20 Tahun

Silviana Dharma, Jurnalis · Rabu 12 Juli 2017 22:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 12 18 1734879 hari-lahir-malala-yousafzai-dan-keajaiban-usia-20-tahun-CQ9boXHQQs.jpg Malala Yousafzai. (Foto: AP)

PEGIAT edukasi anak-anak dan pemenang penghargaan Nobel Perdamaian asal Pakistan, Malala Yousafzai, genap berusia 20 tahun pada hari ini, Rabu (12/7/2017). Namanya terkenal setelah pada usianya yang ke-15 tahun, kepala dan lehernya ditembak oleh militan Taliban saat menaiki bus, sepulang sekolah.

Ia sempat dirawat di rumah sakit di Pakistan, sebelum akhirnya diterbangkan ke suatu RS di Birmingham, Inggris. Pada masa itu, pimpinan Taliban, Adnan Rasheed, mengirimkan surat yang menjelaskan kalau anak buahnya berupaya membunuh gadis itu lantaran tulisan kritisnya tentang Taliban, bukan karena keaktifannya membela hak pendidikan perempuan.

Malala memang senang menulis. Gemanya bermula di situs blogging BBC ketika usianya baru 11 tahun. Kala itu, dia memakai nama pena Gul Makai. Dalam situsnya, dia menceritakan kehidupan warga Pakistan di bawah teror Taliban.

Dua tahun setelah penembakan, Malala yang berusia 17 tahun meraih penghargaan Nobel Perdamaian. Bahkan, dia yang termuda yang pernah memenangkan penghargaan tersebut.

Orang-orang menjulukinya sebagai pemudi paling berani sedunia. Selain itu, dia juga telah menerima sedikitnya 40 penghargaan lain atas keberaniannya tersebut, termasuk gelar kehormatan honoris causa dari University of King’s College pada 2014 dan Grammy Award untuk kategori Best Children’s Album (buku audio ‘I Am Malala: How One Girl Stood Up for Education and Changed the World’) pada 2015.

Malala sebenarnya bercita-cita menjadi dokter, tetapi ayahnya mendorong dia jadi politikus. Begitulah suaranya terus bergaung di forum-forum internasional. Antara lain bicara soal emansipasi perempuan dalam dunia pendidikan dan pemberangusan Taliban.

Pada usia 18 tahun, Malala membuka sebuah sekolah khusus perempuan untuk pengungsi dari Suriah. Dan dengan lantang, dia berseru kepada seluruh pemimpin dunia, “Sediakan buku, bukan peluru!” Demikian seperti disunting dari Biography, Rabu (12/7/2017).

Ketika umurnya nyaris 20 tahun pada April 2017, Malala didapuk menjadi pembawa pesan damai PBB. Ya, Malala masih muda dan dia akan terus berkarya. Sejarah akan mencatatnya.

Berikut ini tokoh dunia yang juga memulai kesuksesannya pada usia 20 tahun, seperti disadur dari Indy100.

1. Bill Gates memutuskan drop-out dari Harvard dan mendirikan Microsoft;

2. Mary Shelley menulis kisah fiksi ilmiah paling terkenal, ‘Frankenstein’;

3. Jane Austen menulis novel keduanya ‘Pride and Prejudice’, yang sukses besar;

4. Plato berguru kepada Sokrates;

5. Isaac Newton mengembangkan kalkulus;

6. Albert Einstein menulis esai percobaan yang mengawali penemuan teori relativitas;

7. Pablo Picasso mengembangkan gaya lukis post-impresionisme, lalu mencetuskan gerakan seni kubisme.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini