Sstt...! 7 Terpidana Mati Lapas Pekanbaru Dipindahkan ke Medan

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Rabu 12 Juli 2017 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 12 340 1734656 sstt-7-terpidana-mati-lapas-pekanbaru-dipindahkan-ke-medan-I9auPrOyIp.jpg foto: Illustrasi Okezone

MEDAN – Sebanyak 7 orang terpidana mati asal Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II-A Pekanbaru, dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Tanjung Gusta, Medan. Pemindahan dilakukan pada Selasa 11 Juli 2017 sore.

Kepala Lapas Klas IA Tanjung Gusta Medan, ‎Asep Syarifuddin, mengatakan bahwa pemindahan ketujuh terpidana mati itu dilakukan bersamaan dengan 18 orang narapidana lainnya asal Lapas Pekanbaru yang keseluruhannya tengah menjalani hukuman seumur hidup.

“Mereka tiba sore kemarin, menggunakan jalan darat,”ujar Asep.

Asep menuturkan, ia tidak mengetahui apa alasan pemindahan tersebut. Namun menurutnya, pemindahan dilakukan di tengah kondisi Lapas Tanjung Gusta yang juga tengah over kapasitas.

"Kita (Lapas Tanjung Gusta) memang sudah overkapasitas. Tapi kalau sudah Direktorat Jendral Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM menginstruksi pemindahan kita mana bisa‎ menolaknya," tuturnya.

Saat ini, kata Asep, para narapidana itu tengah mengikuti proses orientasi dan adaptasi terhadap lokasi Lapas Tanjung Gusta. Kegiatan mereka diawasi penuh oleh petugas keamanan lapas.

"Proses pemindahan seluruhnya berjalan lancar. Kita juga dibantu pihak kepolisian. Sejauh ini belum ada kendala, termasuk dari para narapidananya sendiri," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini