nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unik, Mahasiswa Buat Jaket untuk Penyandang Tunanetra

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 12 Juli 2017 18:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 12 65 1734775 unik-mahasiswa-buat-jaket-untuk-penyandang-tunanetra-l4J9n5tjgD.jpg Foto: Dok Undip

JAKARTA - Ada-ada saja inovasi dan kreasi yang dibuat oleh para mahasiswa Indonesia. Belum lama ini mahasiswa asal Semarang menciptakan jaket khusus bagi penyandang tunanetra. Jaket itu diberi nama JetNet alias Jaket Tunanetra.

Berbeda dengan jaket pada umumnya, jaket bikinan mahasiswa ini memang dibuat khusus dengan teknologi sensor jarak dan gyroscope. Teknologi yang dibenamkan pada jaket tersebut berfungsi untuk mendeteksi objek di sekitar pengguna atau pemakai JetNet.

Ide yang sebelumnya tak pernah terpikirkan itu digagas oleh sekelompok mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Kelompok itu terdiri dari Teguh Kurniawan, Krismon Budiono, Rose Mutiara, dan Yuni Prihatin Ningtyas.

Melansir dari laman Undip, Rabu (12/7/2017), inovasi berupa jaket ini juga dilengkapi dengan output berupa suara dari earphone yang tersambung dengan MP3.

Keunggulan lainnya, radius daya jangkau deteksi sensor mencapai 180 derajat sehingga pengguna akan mengetahui lubang atau gangguan jalan yang berada di depannya. Sehingga penyandang tunanetra bisa seolah melihat keadaan melalui informasi yang diberikan output suara melalui earphone.

Ketua Tim, Teguh Kurniawan berharap inovasi yang dikembangkan timnya ini bisa diterapkan dan berguna bagi kelangsungan mobilitas sehari-hari penyandang tunanetra. Selain itu JetNet juga diharapkan mampu mengurangi angka kecelakaan yang kerap menelan korban dari penyandang tunanetra.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini