nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, Angin Kencang Landa Wilayah Aceh

Rayful Mudassir, Jurnalis · Kamis 13 Juli 2017 17:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 13 340 1735682 waspada-angin-kencang-landa-wilayah-aceh-frGEbv3RU6.jpg foto: Illustrasi Okezone

BANDA ACEH - Cuaca ekstrim mulai melanda wilayah Aceh. Kondisi ini disebabkan masuknya face musim barat di wilayah Aceh. Warga diminta waspada dengan fenomena tersebut.

Kasie Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Blang Bintang Aceh Besar, Zakaria menyebut terpantau angin kencang berlangsung dengan kecepatan maksimum 32 knot.

“Biasanya di atas 15 knot sudah dianggap angin kencang. Musim angin kencang kita biasa di bulan Mei sampai September. Biasa kita kenal dengan musim barat. Tahun ini tidak terlalu signifikan seperti tahun lalu,” kata Zakaria, Kamis (13/7/2017).

Zakaria meminta warga untuk waspada dengan angin kencang tersebut. Salah satu antisipasi yang dapat dilakukan ialah menghindari pohon-pohon atau tiang listrik.

“Kecepatan angin di kapal Krisna sebesar 40 knot. Perlu kami sampaikan perbedaan yang tercatat di BMKG disebabkan kapal SAR mencatat kecepatan angin yang langsung diterima dari laut lepas, belum terjadi perlambatan oleh gedung dan pohon-pohon,” jelas Zakaria.

Diketahui sebelumnya, dua rumah mengalami kerusakan setelah terkena pohon mangga yang tumbang di Gampong (desa) Ilie, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh. Tumbangnya pohon berumur puluhan tahun tersebut akibat angin kencang yang melanda kawasan tersebut.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini