nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahasiswa Asal Semarang Buat Plastik Ramah Lingkungan dari Tongkol Jagung

Siska Permata Sari, Jurnalis · Sabtu 15 Juli 2017 13:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 13 65 1735352 mahasiswa-asal-semarang-buat-plastik-ramah-lingkungan-dari-tongkol-jagung-4AMG2m9Yp4.jpg Foto: Dok Undip

JAKARTA - Sampah plastik masih menjadi permasalahan kerusakan lingkungan yang pelik. Oleh sebab itu, sekelompok mahasiswa di Semarang membuat inovasi plastik ramah lingkungan dengan memanfaatkan tongkol jagung.

Para mahasiswa kreatif itu yakni Novita Siti Lestari, Retno Wulansari, Putri Ade Riswanti, Ridla Setya Nur Armina dan Rio Agung Prabowo. Kelimanya tercatat sebagai mahasiswa teknik di Universitas Diponegoro (Undip).

"Tongkol jagung selama ini belum banyak dimanfaatkan dan hanya dibuang begitu saja. Padahal, dalam tongkol jagung terdapat bahan yang berpotensi untuk dibuat plastik," jelas Novita seperti yang dilansir dari laman Undip, Sabtu (16/7/2017).

Selain tongkol jagung, Novita menambahkan, timnya juga menggunakan buah sukun. Pasalnya, senyawa dalam tumbuh-tumbuhan seperti pati dan selulosa sangat potensial untuk membuat plastik biodegradabel.

"Buah sukun masih minim pemanfaatanya. Jadi kami juga menggunakan pati yang diambil dari buah sukun," imbuhnya.

Novita menjelaskan, hasil penelitian menunjukkan bahwa limbah tongkol jagung dan buah sukun berpotensi untuk dibuat plastik ramah lingkungan.

"Ke depan masih perlu dilakukan serangkaian penelitian lanjutan. Sebab kita tidak melakukan proses bleaching dalam pembuatan plastik ini agar mengurangi penggunaan bahan kimia," jelasnya.

Novita berharap plastik ramah lingkungan dari limbah tongkol jagung dan buah sukun yang digagas bersama timnya ini mampu dikembangkan di Indonesia sebagai plastik konvensional.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini