nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Bumi 5,1 SR Guncang Manggarai Barat dan Bima

ant, Jurnalis · Jum'at 14 Juli 2017 00:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 14 340 1735952 gempa-bumi-5-1-sr-guncang-manggarai-barat-dan-bima-5BWnZH9Ceq.jpg Ilustrasi (Okezone)

MATARAM - Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,1 skala Richter mengguncang wilayah Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, hingga Bima, Nusa Tenggara Barat, pada Kamis 13 Juli 2017, sekira pukul 21.30 WIB, namun tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mochammad Riyadi, melalui keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Kamis malam, menyebutkan lokasi pusat gempa bumi berada di koordinat 8,22 lintang selatan dan 119,34 bujur timur pada kedalaman 28 kilometer.

"Lokasi pusat gempa tepatnya di laut pada jarak 43 kilometer arah utara Kota Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur," katanya.

Dampak gempa berdasarkan peta "shake map" menunjukkan bahwa gempa tersebut mengguncang pada skala intensitas II SIG-BMKG atau III MMI terjadi di Bima (NTB), Ruteng, Pulau Komodo, dan Waingapu (NTT).

Riyadi mengatakan jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

Berdasarkan peta tataan tektonik Flores, tampak di Laut Flores terdapat struktur sesar naik Flores. Itu sesuai dengan mekanisme sumber yang berupa sesar naik dan memiliki "strike" yang berarah barat timur.

"Dugaan kuat adalah Flores Back Arc Thrust yang menjadi pembangkit gempa bumi ini," ujarnya.

Kepada masyarakat yang bermukim di sekitar pantai diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini