nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa 5,5 SR di Sumut Tidak Berpotensi Tsunami

Erie Prasetyo, Jurnalis · Jum'at 14 Juli 2017 09:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 14 340 1736074 gempa-5-5-sr-di-sumut-tidak-berpotensi-tsunami-CjRUWc1JP8.jpg Ilustrasi Okezone

MEDAN - Gempa yang terasa kuat di Provinsi Sumatera Utara pagi tadi sempat membuat masyarakat panik, Jumat (14/7/2017).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, gempa tektonik itu tidak berpotensi tsunami. Badan Geologi USA melaporkan gempa berkekuatan 5 SR dengan pusat di darat. Sumber gempa diperkirakan berasal dari sesar.

"Di Kota Padangsidimpuan dilaporkan gempa dirasakan kuat selama 20 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Atap rumah bergetar cukup keras. Perabotan rumah berbunyi dan bergoyang. Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa," ujar Sutopo.

Masyarakat yang panik dan keluar rumah akibat gempa juga terjadi Kabupaten Padanglawas, Padanglawas utara dan Kabupaten Tapanuli Selatan gempa dirasakan kuat selama 15-20 detik.

"Di Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau gempa dirasakan sedang selama 10 detik. Di Kota Medan, gempa tidak dirasakan," tambahnya

Berdasarkan peta gempa dirasakan, intensitas gempa di pusat gempa sekitar V -VI MMI (sedang hingga kuat) dengan sebaran tidak luas. Di Aekgodang IV MMI (ringan).

"Posko BNPB masih terus memantau dampak gempa. Petugas BPBD dan aparat setempat masih melakukan pemantauan dampak gempa di lapangan. Perkembangan dampak gempa akan disampaikan lebih lanjut," pungkas Sutopo.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini