nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Api Hanguskan 5 Rumah di Meulaboh

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 14 Juli 2017 21:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 14 340 1736820 api-hanguskan-5-rumah-di-meulaboh-ohtTG5Egfv.jpg Foto: Ilustrasi

MEULABOH - Kebakaran hebat menghanguskan sedikitnya empat rumah penginapan dan satu rumah warga di Jalan Blang Pulo, Desa Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Jumat (14/7/2017) petang.

"Saya sedang keluar, dapat kabar rumah tebakar, saya langsung kemari, sesampainya di sini saya lihat api memang sudah membesar. Empat rumah dengan 25 kamar sewaan yang terbakar,"kata Ilham, pemilik penginapan.

Kumpulan asap pekat menjulang ke atas mengundang ribuan warga seputar Kota Meulaboh memadati lokasi kejadian perkara. Limat unit armada pemadam kebakaran (Damkar) berhasil memadamkan api, namun semua bangunan sudah ludes.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden pukul 17.30 WIB ini. Namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Selain menghanguskan 25 unit kamar penginapan, api juga meratakan satu unit rumah warga Syukri yang bersebelahan dengan penginapan itu.

Ilham mengaku sempat menyaksikan sumber kobaran api memuncak dari rumah semi permanen milik Syukri di dekat penginapannya yang juga berkontruksi semi permanen, akan tetapi penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak Kepolisian.

"Saya ada di sini, tapi di dalam kamar, begitu keluar orang-orang sudah berteriak kebakaran, api sudah menjalar. Terus saya masuk lagi mengeluarkan sepeda motor saya yang masih di dalam,"sebut Adi (25) salah satu penghuni penginapan itu.

Selain mobil pemadam kebakaran, warga sekitar juga panik dan ikut membantu melakukan pemadaman api secara manual pada jarak yang bisa dijangkau, sayangnya hanya berkisar 30 menit semua kontruksi sudah habis di lahap si jago merah.

Kasi Kedaruratan pada Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Beni Hardi, menyatakan, pihaknya mengerahkan lima unit armada damkar, pihak sedikit terlambat mendapat informasi dari warga. "Kontruksinya banyak kayu, kemudian setiba kita di sini api sudah membesar karena sedikit terlambat di sampaikan," katanya menambahkan.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini