nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hindari Kesalahan Jumlah DPT, Pemkab Karawang Diimbau Optimalkan Program E-KTP

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 14 Juli 2017 22:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 14 525 1736833 hindari-kesalahan-jumlah-dpt-pemkab-karawang-diimbau-optimalkan-program-e-ktp-Rk17Cz8muJ.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

KARAWANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat mengingatkan Pemerintah Kabupaten Karawang agar mengoptimalkan kegiatan perekaman data diri masyarakat terkait dengan program Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP.

"Perekaman data sesuai KTP itu sangat penting untuk menghindari kesalahan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Umum," kata Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto, di sela sosialisasi pengenalan Bawaslu di Karawang, Jumat (14/7/2017).

Ia mengatakan, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, terdapat keterkaitan antara DPT dengan masyarakat yang telah memiliki e-KTP. Seiring dengan hal tersebut, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) hanya menetapkan masyarakat pemilik e-KTP yang masuk dalam DPT pada Pemilu.

"Jadi sudah seharusnya dilakukan optimalisasi perekaman e-KTPsejak sekarang," kata dia.

Ia mencontohkan, kejadian banyaknya masyarakat yang tercantum dalam DPT tapi tidak memiliki e-KTP terjadi pada Pilkada di Kabupaten Bekasi, beberapa waktu lalu. Saat itu, sekitar 600 ribu penduduk belum memiliki e-KTP.

Saat itu, KPU setempat bersama Pemkab sibuk untuk melakukan perekaman e-KTP. Jadi jangan sampai contoh seperti itu terulang pada Pemilu mendatang. Atas hal itu, pihaknya mengingatkan agar seluruh pemkab/pemkot membantu melakukan pendataan kependudukan secara serius menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah pada tahun depan.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini