Image

Kronologi Kecelakaan Bus dengan Avanza di Cipularang

Mulyana, Jurnalis · Minggu 16 Juli 2017, 14:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 16 525 1737469 kronologi-kecelakaan-bus-dengan-avanza-di-cipularang-n7gExUJJrM.jpg Ilustrasi (Dok.Okezone)

PURWAKARTA - Kebakaran hebat terjadi di ruas Tol Cipularang, Minggu (16/7/2017) dini hari. Kobaran api ini terjadi, setelah dua kendaraan terlibat kecelakaan di jalur bebas hambatan itu. Insiden teraebut, terjadi di KM 91+200 jalur A (arah Bandung) tepatnya di wilayah yang masuk ke Desa Pasir Munjul, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar PB) Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono membenarkan terkait kejadian tersebut. Informasi yang diterimanya, kebakaran di lokasi tersebut terjadi setelah Bus umun PO Budiman bernomor polisi Z 7540 HD menambrak kendaraan avanza nopol B 1823 SFS.

"Kebakaran ini terjadi sesaat setelah bus umum itu menabrak kendaraan jenis avanza yang ada di depannya," ujar Wibi, Minggu (16/7/2017). 

Wibi mengaku, berdasarkan data yang dihimpun jajarannya, peristiwa maut ini bermula saat Avanza yang dikemudikan Kety Zonus melaju dari Jakarta menuju ke Bandung. Setibanya di Km 91+200, kendaraan tersebut mendadak mogok di lajur cepat. Saat itu, sang pengemudi langsung keluar mobil dan memberi tanda dengan menyalakan lampu darurat agar kendaraan yang di belakangnya bisa mengantisipasi posisi mobilnya yang tengah mogok.

Disaat seperti itu, ada seorang pengguna tol lain atas nama Ali Sopyan mendadak berhenti dan memarkirkan kendaraannya di bahu jalan. Dia kemudian turut menolong pengemudi Avanza yang mogok itu dengan membantu mendorongnya. 

Tetiba, dari arah belakang mobil yang mogok itu dan tengah didorong itu datang bus Budiman jurusan Serang-Tasik melaju dengan kecepatan tinggi. Kendaraan besar yang dikemudikan Yana Suryana itu langsung menghantam mobil keluarga itu. 


"Mobil avanza yang tertabrak ini sempat terseret beberapa ratus meter. Gesekan dari mobil yang terseret ini mengeluarkan percikan api. Kebakaran hebat pun tak bisa terhindarkan, " jelas dia.

Dalam menanggulangi insiden tersebut,  jajarannya menerjunkan tiga unit kendaraan pemadan berikut satu unit ambulans. Akibat kejadian ini, dua orang dikabarkan meninggal dan tiga korban lainnya mengalami luka-luka. 

Adapun Korban meninggal dunia, antara lain Kristina (40), warga Sorong, Papua, yang merupakan penumpang Avanza. Satu korban lainnya atas nama Ali Sopiyan warga Kampung Babakan Pasirwangi RT01/05 Garut, Jawa Barat, yang diketahui pengguna jalan tol lainnya yang pada saat kejadian hendak menolong penumpang Avanza. Keduanya kini masih berada di Rumah Sakit MH Thamrin Purwakarta. 

Sedangkan, korban luka-luka atas nama Kardi (43), warga Tasikmalaya. Kemudian, Yana suryana (48) warga Mekar Galih 03/06, Talagasari, Kawalu, Tasikmalaya. Serta, Cetti S Yunus warga Jalan Gatot Subroto RT 09/08, Petojo Selatan, Jakpus. 

Menurut Wahyu, tidak ada korban dari Bus Po Budiman. Sampai saat ini kedua bangkai kendaraan masih berada di lokasi kejadian menunggu dievakuasi ke Gerbang Tol Jatiluhur. Petugas kesulitan menderek kedua kendaraan itu karena pada bagian rodanya hanya menyisakan velg tanpa ban. Pemindahan terpaksa harus menunggu proses pergantian ban terlebih dahulu. (sym)

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini